Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Rumah Adat pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar

  • Sarina Sarina

Abstrak

Pengembangan media miniatur rumah adat pada pembelajaran tematik tema indahnya keberagaman di negeriku di kelas IV SD dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran tematik di kelas IV SD. Menanggapi hal tersebut, peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media pembalajaran yang berbentuk miniatur rumah adat. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD IT Daarul Istiqlal Marindal I. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode penelitian Research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Namun penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (Development). Media miniatur yang telah dikembangkan divalidasi oleh beberapa ahli. Setiap ahli memberikan komentar dan saran mengenai media miniatur rumah adat yang dikembangkan. Validasi oleh ahli materi, media dan respon guru dilaksanakan pada 2 tahap. Dari 2 tahap yang dilakukan, hasil penilaian para ahli materi, ahli media dan respon guru memberikan penilaian bahwa media miniatur rumah adat pada pembelajaran tematik tema indahnya keberagaman di negeriku yang dikembangkan sudah Valid dan Sangat Layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alimatus Sholehah, Lutfi. (2017). Perbedaan Kemampuan Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kancing Gemerincing dan Jigsaw pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Kelas V SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 5(2) : 760-768.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajara Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Endang Mulyatiningsih. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Hijjah, N., & Bahri, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 24-32.
Hidayat & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desai Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), 1-6. https://doi.org/10.33448/rsd-v1013.12823.
Marini, K., & Silalahi, B. R. (2022). Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 159-167.
Nisfathul Qomariyah. (2015). Penerapan Media Miniatur 3 D Guna Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII MTs Almaarif 02. Singosari Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/5114/1/11110084.pdf
Purwono. Joni, dkk. (2014). “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan”. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Vol.2, No.2: 127.
Rangkuti, D., Lubis, S. I., Salayan, M., Sari, D. E., & Mujib, A. (2022). Development of Learning Tools Assisted by Manipulative Teaching Aids Through Problem-Based Learning. Development, 5(2).
Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 83-96.
Sari, K. P. (2022). Pengembangan Media Ensiklopedia Model Lift the Flap Berbasis Masalah pada Pembelajaran Tematik Tema Perkembangan Teknologi di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(1), 25-36.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Triwiyanto, Teguh .2014.Pengantar Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Diterbitkan
2022-09-25