Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Inshot Dengan Menggunakan Model PBL Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku

  • Rasyidatun Nisa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi inshot dengan menggunakan model pbl pada pembelajaran tematik tema indahnya keragaman di negeriku dan juga untuk mengetahui bahwa media pembelajaran video animasi memenuhi kriteria layak untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan modifikasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu: (1) tahap analisis (Analysis), (2) tahap desain (Design), (3) tahap pengembangan (Development), dengan pertimbangan bahwa peneliti berfokus pada produk yang dihasilkan memenuhi kriteria layak untuk digunakan. Berdasarkan analisis data media video animasi diperoleh melalui uji validitas ahli materi, ahli media dan respon guru. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor 4,95 termasuk kategori “Sangat Baik”. Hasil validasi oleh ahli media yaitu 3,5 termasuk kategori “Baik” sedangkan untuk respon guru memperoleh skor 4,95 termasuk kategori “Sangat Baik” maka dapat dihitung skor rata-ratanya diperoleh sebesar 4,46 termasuk kategori “ Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi inshot dengan menggunakan model pbl pada pembelajaran tematik tema indahnya keragaman di negeriku memenuhi kriteria layak digunakan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Al-Tabany, Triyanto Ibnu Badar. (2015). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik, Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Prendamedia group
Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 120-130.
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52.
Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2).
Harahap, F. E. (2022). Penerapan Model Talking Stick Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 105355 Sukamulia. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 168-179.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.

Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Hidayat, H., & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15-19.
Lailan & Sukmawarti (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Masa Pandemi Covid Terhadap kinerja Guru SD Negeri Kecamatan Medan Denai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajarn Terpadu (JPPT), 03(2), 153-167.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Sugiyono. (2011). Menjadi Guru Yang Bisa Digugu Dan Ditiru. Surabaya: Setya Media.
Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media pembelajaran sejarah era teknologi informasi: Konsep dasar, prinsip aplikatif, dan perancangannya. Banyuwangi: Kayutangi Press
Widoyoko. (2011). Teori Pengembangan Dan Filosofi Kepemimpinan Kerja. Jakarta: Iktiar Baru.
Sukmawarti, Erica. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Pembelajaran PKN Di SD. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN AL-Wasliyah Medan.
Yandhari, V, A, I. Alamsyah, P, T.. & Halimatusa’diah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD. Kreano: jurnal matematika kreatif inovatif. 10(2) 146-152.
Diterbitkan
2022-06-30