Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 064955 Medan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan reward and punishment pada proses pembelajaran di kelas IV SD, khususnya pada proses pembelajaran tematik. Lebih jauh lagi, penelitian ini mencoba melihat dampak apa saja yang muncul dari pemberian reward and punishment pada proses pembelajaran tematik siswa kelas IV SD Negeri 064955 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitain kualitatif dengan pendekatan deskriptif, serta dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa kelas IV SD. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga langkah dalam penggunaan teknik reward and punishment ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan hasil dari pelaksanaan. Reward yang diberikan guru kepada siswa yaitu reward verbal, reward nonverbal dan reward bentuk benda sedangkan. Punishment yang diberikan yaitu teguran atau peringatan dan hukuman. Adapun dampak yang timbul dari pemberian reward and punishment sebagian besar berdampak positif dan sebagian kecil berdampak negatif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asri, R., & Bahri, S. (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua Pada Masa Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDI Utsman Bin Affan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 199-208.
Bahri, S. & Hijjah, N., (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01) Hal : 24-32.
Ernata,Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di Sdn ngaringan 05 Kec. Gandusari Kab. Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781-790.
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology Pada Pelajaran Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 95-104.
Kemendikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muzaki, Jajang Aisyul. (2017). Pemikiran al-Ghazali tentang Ganjaran dan Hukuman dalam Pendidikan Anak. Awlady: Jurnal Pendidisskan Anak, Vol. 3, No. 1.
Puspita, A. (2022). Analisis Penerapan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 101966 Pertangguhan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 131-138.
Sabartiningsih, Mila, Jajang Aisyul Muzakki, Durtam. (2018). Implementasi Pemberian Reward dan Punishment dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4 No. 1.
Saputri, N. C., Sari, R. K., & Ayunda, D. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 15-26.
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 8-13.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Siswoyo, Dwi, dkk. (2008). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), Hal : 202-207.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).