Pengaruh Video Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme SD Swasta Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin
Abstrak
Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran adalah kunci penting dari hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa sangat tergantung dari media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang menurun karena keterbatasan kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran yang menarik yang bisa menarik perhatian siswa. Siswa mengalami penurunan hasil belajar. Hasil belajar siswa yang berada diatas KKM berjumlah 45% yaitu 10 siswa dan hasil belajar siswa yang berada dibawah KKM berjumlah 55 % yaitu 12 siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa SD Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin?; Apakah terdapat Pengaruh video Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme SD Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa SD Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin; untuk mengetahui pengaruh video Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme SD Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin. Penelitian ini menggunakan 22 siswa sebagai sampel dari 120 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan cara mengadakan pretes dan postest hasil belajar. Hasil Penelitian dibuktikan melalui uji regresi linier sederhana yaitu rhitungĀ > rtabel yaitu 0,708 > 0,432 dengan tingkat signifikansi dibawah 5% yaitu 0.000 kemudian thitung > ttabel dimana 4,486 > 2,079 ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima dengan tingkat pengaruh sebesar 5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video canva memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa atau variabel X berpengaruh terhadap variabel Y.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Andi, P., Ariswoyo, S., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Autograph. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 31-39.
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sukardi, Ismail. (2011). Model dan Metode Pembelajaran Modern: Suatu Pengantar. Palembang: Tunas Gemilang Press.
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1).
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Ctl Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Ismail, Fajri. (2014). Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press
Jusuf, H., Ibrahim, N., & Suparman, A. (2021). Development of Virtual Learning Environment Using Canvas To Facilitate Online Learning. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 153-168.
Khayroiyah, S., & Napitupulu, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Matematika SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 77-85.
Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 45-54.
Siregar, Evaline dan Nara, Hartini. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sanjaya, Wina. (2011). Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Seibani, Beni, Ahmad. (2008). Metode Penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sudijono, Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikas. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Yolanda, R., Rejeki, S. I., & Salsabilah, L. S. (2021). Alternatif Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Online. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 73-82.
Zainul, Ahmad. (2013). Pemanfaatan Media Animasi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Shalat Kelas V di SDN 2 Semangkak Klaten Tengah Jawa Tengah. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Wijayanti, Novy. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di SDN Trasono Lamongan. Universitas Malik Malang.
Rahmayanti, Dela. (2020). Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik dan Elektronika.
Viviantini. (2015). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 6 Kayumalue Ngapa. Universitas Tadulako.
Rahmayanti.Laily. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Se-Gugus Sukonodo Sidoarjo. Universitas Negeri Surabaya.
Nurul Jannah. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V Pada Pembelajaran IPA Materi Pokok Pesawat Sederhana di MI Miftahul Huda Pakis Aji Jepara. Universitas Islam Negeri Walisongo.\
Laila Munawaroh. (2015). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 Pada Konsep Sistem Peredaran Darah Manusia. Universitas Negeri Syarif Hidayatullah.
https://idcloudhost.com/mengenal-canva-dan-cara-menggunakannya (09 April 2021)
Glints.com/id/lowongan/cara-menggunakan-canva?#.YWCnohgxdPc (09 Oktober 2021)