Penerapan Model Talking Stick Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri 105355 Sukamulia

  • Fadhilah Elsafira Harahap
  • Nurmairina Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi yang di lakukan pada kelas VI SD Negeri 105355 Sukamulia, hasil belajar siswa masih di kategorikan rendah. Hal tersebut disebabkan dari beberapa faktor, salah satu nya adalah kurangnya penggunaan model dalam pembelajaran IPS. Salah satu alternatif dalam memecahkkan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan pelaksanaan pembelajaran IPS yang baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan peserta didik untuk aktif dan kreatif. Menggunakan model talking stick merupakan salah satu cara yag efektif untuk memberikan variasi suasana pembelajaran IPS yang baik dengan membuat suasana diskusi dan kerjasama lebih efektif sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih giat lagi. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk meningkatkan aktivitas pelaksanaan pembelajaran dengan Penerapan Model Talking Stick Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 105355 Sukamulia. (2) Untuk mengetahui Penerapan Model Talking Stick Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 105355 Sukamulia. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa yang kemudian data ini di analisis dengan menggunakan rumus rata-rata. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I aktivitas guru dari 62 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 89 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I 50 dengan kategori cukup meningkat pada siklus II menjadi 86 dengan kategori sangat baik. Hasil tes belajar siswa pada siklus I 40% meningkat pada siklus II menjadi 89%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model talking stick pada pembelajaran IPS dikatakan baik

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arifin, Zainal. (2012). Model Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 85-91.
Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1).
Iskandar, Dadang dan Narsim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya. Cilacap: Ihy Media
Istarani. (2014). 58 Model pembelajaran kooperatif. Medan: Media Persada.
Jefri, J., & Junaidi, J. (2019). Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X IPS 1 SMA Negeri 3 Bukittinggi 2019. Jurnal Perspektif: Jurnal Kajian Sosiologi dan Pendidikan, 2(3), 125-132.
Khayroiyah, S., & Napitupulu, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Matematika SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 77-85.
Purwanto. (2010). Metodelogi Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan.
Rahma, T,S., Sigid, S., & Esti, S. (2015). Peningkatan Aktivitas dan prestasi Belajar siswa melalui metode Picture by Picture dengan Media Audio Visual pada Mata pelajaran IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. Geo Edukasi, 04(02), 1-9. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/GeoEdukasi/article/view/524 (di akses pada tanggal 02 Maret 2021. Pukul 15.25 WIB)
Rahmi, E., Azriani, N., Marhadi, H., & Hermita, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VB SDIT Insan Utama Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 1(2), 94-103.
Suharsimi, Arikunto., Suhardjono., & Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.
Susmiati, S. (2021). Penggunaan Media Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SDN 118275 Sialang Pamoran II Kecamatan Silangkitang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 62-72.
Trianto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustakarya.
Wiriaatmadja, Rochiati. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya
Diterbitkan
2022-03-29