Pengembangan Media Monopoli Tematik Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsa Di SD

  • Khairina Marini
  • Beta Rapita Silalahi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media monopoli tematik di SD yang layak digunakan dan sesuai dengan kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik Subtema Keberagaman Budaya Bangsa. Jenis Penelitian ini adalah pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Akan tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap ke tiga yaitu tahap pengembangan (development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 validator diantaranya yaitu 2 dosen ahli. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif deskriptif yang berisi kritik dan saran dari 2 validator. Hasil validasi angket media pembelajaran yaitu berupa Monopoli Tematik. Berdasarkan hasil validasi angket media pembelajaran berupa Monopoli Tematik oleh kedua validator menunjukkan hasil yang menunjukkan kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan penjelasan di atas maka dapat disimpulkan media pembelajaran berupa Monopoli Tematik yang dikembangkan berkualitas baik dan layak digunakan atau diterapkan dalam proses pembelajaran di kurikulum 2013.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 2(1), 209-217.
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.
Mustaji, N. A. Dan. (N.D.). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model Addie Untuk Mata Pelajaran Matematika Kelas 5 Sds Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan, 1 Nomor 1, 1–15.
Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 45-54.
Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. A Nursyam - Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan …, 2019 - Jurnal.Iain-Bone.Ac.Id, 2-8.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R & D.
Triskawati, T., & Silalahi, B. R. (2021). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 55-67.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Udin, S. W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Karya
Diterbitkan
2022-03-29