Analisis Penerapan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 101966 Pertangguhan

  • Adelia Puspita
  • Nurmairina Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis  penerapan media audio visual dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 101966 Pertangguhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan model penelitian kualitatif. Sedangkan sifat  penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik penjamin keabsahan dara penelitian ini, yaitu triangulasi sumber, teknik dan waktu. Kemudian untuk analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas penerapan media audio visual dalam IPS di SD Negeri 101966 Pertangguhan sudah dilakukan cukup baik dan dinilai cukup efektif diamana penerapan media pembelajaran  mencapai KKM sebesar 97% dimana siswa  dapat menangkap pembelajaran secara inklusif. Hal tersebut terbukti dilihat dari pembelajaran lebih menarik mudah dipahami, suasana kelas menjadi lebih kondusif dan sikap sikap siswa pun menjadi berubah menjadi senang, tidak bosan, semangat dan antusias dalam proses pembelajaran serta perhatian siswa terpusat kepada topik yang dibahas dalam pembelajaran dan membangkitkan pemahaman siswa yang tertuang dalam nilai hasil ulangan harian, serta siswa sudah mampu menyebutkan serta mencontohkan kembali pembelajaran dengan tepat

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Hamzah, F., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2022). Efektivitas Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Schoology. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1).

Lubis, Effi Aswita. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Unimed Press.

Khayroiyah, S., & Napitupulu, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Kuliah Matematika SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 77-85.

Mulyasana, Dedy. (2012). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Ssaing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 45-54.

Salim dan Syahrum. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suharsimi Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53-68.

Tsaniyah, W. R., Hermawan, I., & Waluyo, K. E. (2021). Implementasi Media Audio Visual pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2796-2802.

Wirawan, G., Hurri, I., & Pandikar, E. (2018). Studi Komparatif: Analisis Implementasi Media Audiovisual dalam Pembelajaran IPS di Amerika Serikat dan Turki. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(1), 43-51.

Diterbitkan
2022-03-28