Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kecemasan Mahasiswa Yang Menghadapi Ujian Skripsi Di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Tahun Ajaran 2020/2021

  • Rizki Helmi Harahap
  • Eryanti Lisma Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Kecemasan mahasiswa Universitas Muslim Nusantara dalam mengikuti ujian skripsi masih sering terjadi. Berkaitan dengan permasalahan tersebut , maka peneliti memberikan layanan informasi gunanya untuk mengurangi kecemasan mahasiwa yang menghadapi ujian skripsi tersebut, dan memberikan pemahaman kepada setiap individu tentang hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif layanan informasi terhadap kecemasan mahasiswa yang menghadapi ujian skripsi di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan 40 butir soal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia kelas 8-A sebanyak 42 mahasiswa, sedangkan sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri data pre test dan post test. Uji Hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (Uji-t) berdasarkan pengelolaan data akhir post test di peroleh nilai rata-rata 148,62 sedangkan pre test 112,43. Hasil uji Hipotesis uji t menunjukkan bahwa dengan taraf signifikasi 5%, maka (thitung> ttabel atau 6,241 > 2,021). Dapat disimpulkan bahwa layanan informasi memberikan pengaruh terhadap kecemasan mahasiswa yang menghadapi ujian skripsi di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Tahun Ajaran 2020/2021

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fadliansyah, A., & Humaera, S. (2021). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Whatsapp Untuk Mereduksi Anxiety Terhadap Bahaya Covid-19. Jurnal Talenta, 16(1), 19-25.

Fitriani, E. (2019). Peranan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengendalikan Emosi dan Etika Komunikasi Siswa SMP Swasta Silinda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(2), 93-105.

Gurning, Busmin & Aswita. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: K-Media.

Hawari. (2006). Manajemen Stres, Cemas, dan Depresi. Jakarta: Gaya Baru.

Lubis, N., Lubis, A., & Purba, N. B. (2020). Project-Based Learning Collaborated With Digital Media For Indonesian Efl Learners’self-Confidence And Communication Skill. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(1), 10-17.

Noor, Juliansyah. (2017). Metodoogi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil Layanan dan Kegiatan Pendukung. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Prayitno & Amti. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwoko. (2008). Organisasi dan managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Putri, R. A. K. E., Elita, Y., & Sholihah, A. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kecemasan Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Fkip Unib. Triadik, 19(1), 19-26.

Ramaiah. (2003). Kecemasan Bagaimana Mengatasi Penyebabnya. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Rochman. (2010). Kesehatan Mental. Purwokerto: Fajar Media Press.

Siregar, M. L. S., & Hayati, R. (2021). Hubungan Komunikasi Orang Tua Dengan Motivasi Peserta Didik Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 68-76.

Suarti, N. K. A., Astuti, F. H., Gunawan, I. M., Ahmad, H., & Abdurrahman, A. (2020). Layanan Informasi Dalam Rangka Meminimalisir Kecemasan Akademik Siswa. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(2), 111-117.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Diterbitkan
2022-03-28