Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Membaca Siswa Kelas X AKL Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa

  • Nur Kori Fatonah
  • Eryanti Lisma Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Keluarga sebagai lembaga pendidikan yang pertama dan utama bagi seorang anak mempunyai andil yang sangat besar bagi perkembangan anak untuk menuju kehidupannya yang lebih baik. Proses pembentukan kebiasaan membaca pada anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan keluarga terutama pada pola asuh orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan  Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Membaca  Siswa Kelas X AKL Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2020-2021. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X AKL Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2020-2021 yang berjumlah 42 siswa, dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh. Instrument pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Angket telah diuji Validitas dan Reliabilitasnya, yaitu dengan hasil 36 butir angket yang valid pada angket pola asuh orang tua dan 35 butir angket yang valid pada angket minat membaca. Teknik uji korelasi yang menggunakan rumus korelasi product moment,dari hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi antara Pola Asuh Orang Tua (X) dengan Minat Membaca (Y) sebesar rhitung = 0,821  > rtabel = 0,304 . Sesuai dengan interpretasi indeks korelasi product moment maka angka tersebut menunjukkan adanya hubungan antara kedua variabel. Hasil dari pengujian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Membaca Siswa Kelas X AKL Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2020-2021.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adawiah, Rabiatul. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 7.1 33-48
Arikunto, Suharsimi. (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada
Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta ;Balai Pustaka
Hasibuan, R. M., & Dewi, I. S. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Belajar Melalui Teknik Homeroom Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Di SMA Al Washliyah Tanjung Morawa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 33-44.
Lilis Madyawati, (2019). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta:Kencana
Mukhlis, M. A., & Napitupulu, S. (2021). Peran Orang Tua Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD Negeri 106815 Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 138-152.
Prakoso, A., & Lisma, E. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X MIA 1 SMA Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 17-23.
Siregar, M. L. S., & Hayati, R. (2021). Hubungan Komunikasi Orang Tua Dengan Motivasi Peserta Didik Di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 68-76.
Siregar, R. N., Prabawanto, S., Mujib, A., & Rangkuti, A. N. (2021). Faktor Dukungan Keluarga Dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Matematika Di IAIN Padangsidimpuan. JIPMat, 6(2), 250-260.
Siregar, R. N., Prabawanto, S., Suparni, S., & Mujib, A. (2022). Faktor Teman Sebaya Dalam Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Matematika Di IAIN Padangsidimpuan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(1), 95-104.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. (2018). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sunarno, Agung. Ahmad, Rusly. (2012). Ilmu Kesehatan Mental. Medan: Perdana Mulya Sarana
Rahayu, Lina Ta'atiah Insani. (2016). Hubungan minat membaca dan motivasi belajar dengan hasil belajar materi menulis karangan pada warga belajar kejar paket C di PKBM AL-Firdaus Kabupaten Serang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) 1.2
Tampubolon, M. R., Julianti, P., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Penalaran Soal Cerita dan Kedisiplinan Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 46-61.
Undang Sudarsana & Bastiano (2017). Pembinaan Minat Baca:Tangerang Selatan. Universitas Terbuka
Diterbitkan
2022-03-19