Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Learning Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Tiga Dimensi Pada Pembelajaran IPS Kelas III SDN 12 Tanah Tinggi

  • Yeni Apriani
  • Saprida Napitupulu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

Abstrak

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Implementasi penggunaan model pembelajaran inquiry learning dengan menggunakan media pembelajaran tiga dimensi pada pembelajaran IPS Kelas III SDN 12 Tanah Tinggi cukup baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi penggunaan model pembelajaran inquiry learning dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisa data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian yaitu tentang Implementasi penggunaan model pembelajaran inquiry learning dengan menggunakan media tiga dimensi pada pembelajaran IPS Kelas III SDN 12 Tanah Tinggi sudah cukup baik. Upaya yang dilakukan guru IPS dalam mengimplementasi media tiga dimensi untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Dengan adanya media tiga dimensi siswa juga sangat tertarik dan antusias serta dengan menggunakan model inquiry learning menjadikan siswa lebih berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah yang ditemukan pada pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Aprilia, E. N., & Anshor, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Berbasis Android Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SD NEGERI 107826 Pematang Sijonam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 107-119.
Bogdan dan Taylor. 2012. Prosedur Penelitian. Dalam Moleong, Pendekatan Kualitatif. (him. 4). Jakarta: Rineka Cipta.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 2(1), 209-217.
Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 45-54.
Nurmairina, M. S. L. (2019, September). Penerapan Metode Karya Wisata Pada Pembelajaran Ips Sd Bagi Mahasiswa Pgsd Umn Al-Washliyah. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 2, No. 2, pp. 1218-1225).
Salim dan Syahrum. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.
Sanjaya, Wina. (2016). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sharan B. Merriam, Case Study Research in Education: A Qualitative Approach (San Francisco: Jossy-Bass Publishers, 2015)
Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sunhaji. 2013. Pembelajaran Tematik-Integratif Pendidikan Agama Islam dengan Sains. Purwokerto: Stain Press.
Yolanda, R., Rejeki, S. I., & Salsabilah, L. S. (2021). Alternatif Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Online. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(1), 73-82.
Diterbitkan
2021-12-30