Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Alif Inayah Medan Johor

  • Anna Sri Ani
Keywords: Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV SD Alif Inayah Medan Johor. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 56 siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimen, desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalent control group design dan penelitian ini berbentuk posttest only. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest untuk kelas eksperimen yakni 87,14 dan posttest hasil belajar kelas kontrol yakni 72,32. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dari hasil perhitungan diperoleh thitung 13 > t tabel 1,70 dengan taraf sig. a = 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil hipotesis dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran tematik dinyatakan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Alif Inayah Medan Johor.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hidayat, H., Sukmawarti, S., & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education.Research, Society and Development, 10(3), e14910312823-e14910312823. Hal : 1-2

Harahap, R. H., & Lisma, E. (2022). Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Kecemasan Mahasiswa Yang Menghadapi Ujian Skripsi Di Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan Tahun Ajaran 2020/2021. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 113-119

Majid, Abdul. (2015). Strategi pembelajaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Hal : 03

Paini, P., & Mujib, A. (2022). Pengaruh Supervisi Akademik Terhadap Peningkatan Kompetensi dan Motivasi Guru Matematika di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(2), 81-88.

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Hal : 254

Silberman, M. (2005). Metode Crossword Puzzle. [online]. Tersedia: http://digilib.uinsuka.ac.id/9998/1/BAB%20I,%20IV,%20DAFTAR%2 PUSTAKA.pdf. [19 April 2022]. Hal : 101

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Hal : 107

Sukmawarti, S., & Khayroiyah, S. (2020).Desain Asesmen Alternatif Matematika Sd. InProsiding Seminar Nasional Hasil Penelitian (Vol. 3, No. 1) Hal : 641-645.

Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jamiā€™atul Qamar Tanjung Morawa.PaKMas: Jurnal Pengabdian KepadaMasyarakat, 2(1), Hal : 202-207.

Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.

Yusuf, R. (2020). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158-164.

Zaini, Aswan & Bahri, Syaiful. (2010). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Renika Cipta

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani. Hal : 71

Published
2022-12-29
How to Cite
Ani, A. S. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Alif Inayah Medan Johor. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 26-34. https://doi.org/10.2246/eduglobal.v2i1.1744