Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SDN 060902 Medan Maimun

  • Delilah Safitri
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team quiz terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 060902 Medan Maimun. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian True Experimental Treatmen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desaign. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling sampling jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar yang diperoleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dapat dilihat dari hasil rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen= 84 sedangkan rata-rata yang diperoleh siswa kelas kontrol= 71. (2) Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team quiz terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 060902 Medan Maimun. Berdasarkan hasil uji t dari hasil perhitungan diperoleh thitung= 2,385 > ttabel= 1,685 dengan dk = 38 dan taraf nyata α= 0,05. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe team quiz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan sahabat kita kelas V SDN 060902 Medan Maimun

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darlis, N., & Movitaria, M. A. (2021). Penggunaan Model Assure untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2363-2369.

Deswandi, F. U., & Ihsan, N. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sdn 16 Pisang Kecamatan Pauh Kota Padang. Jurnal MensSana, 3(1), 48-66.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto, S. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), e14910312823. Hal : 1-2
Irawan, A., & Napitupulu, S. (2022). Pengaruh Video Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Konstruktivisme SD Swasta Islam Terpadu Nurul Ikhwan Kecamatan Pantai Cermin. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 180-188.
Pratama, Z. A., Rasimin, R., Yaksa, R. A., Nelyahardi, N., Sutja, A., & Yusra, A. (2022). Upaya Mengurangi Tingkat Kecemasan Belajar Siswa Dalam Layanan Bimbingan Kelompok. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 3(1), 16-21.
Rizawati, R., Sulaiman, S., & Syafrina, A. (2017). Hubungan antara interaksi edukatif guru dengan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 18 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Safitri, S. R. E., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Banyuajuh 6 Tahun Ajaran 2019/2020. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1).
Silberman, Melvin L. 2007. Active Learning Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Siska, A., Mujib, A., & Putri, D. A. P. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Sekolah Batam (Studi Pada Sdn 005 Sekupang Batam). Jurnal Dedikasi Pendidikan, 6(1), 93-106.
Sukmawarti, & dkk. (2022). Implementasi Model Problem Based Leraning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 886-894.
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Sukmawarti, Hidayat, & Suwanto. (2021). Desain Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Problem Posing Pada Pembelajaran Metematika SD. Jurnal Matheducation Nusantara, 4(1), 10–18.
Wahyuni, G., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Visual Siswa Ditinjau Dari Adversity Quotient. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2).
Published
2022-12-07
How to Cite
Safitri, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SDN 060902 Medan Maimun . EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 2(1), 13-25. https://doi.org/10.2246/eduglobal.v2i1.1657