Pengembangan Media Pembelajaran Poster 3 Dimensi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Tema Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran Poster 3 Dimensi Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Tema Energi Dan Perubahannya untuk siswa kelas III SD, (2) Untuk mengetahui kelayakan media poster 3 dimensi sebagai media pembelajaran tematik tema energi dan perubahannya untuk siswa kelas III SD. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain penelitian dan pengembangan atau Research and Development ( R&D). Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model ADDIE dengan memiliki beberapa tahapan, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. subjek dalam penelitian ini adalah validator ahi materi, validator ahli media, dan ahli pembelajaran. Instrument dan tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket.tehnik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Peneitian ini menghasilkan produk berupa poster 3 Dimensi pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran bahwa media poster 3 Dimensi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas III SD.
Downloads
References
Faisal. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Project Based Learning Untuk meningkatkan keterampilan Proes Kelas IV SD Negeri Seworan.
Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(1), 209-217.
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Hasanah, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Karakter. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 24-30.
Hidayat & Khayroiyah, S. (2018). Pengembangan Desai Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), 1-6. https://doi.org/10.33448/rsd-v1013.12823.
Mirana. (2011). Strategi Belajar Mengajar. CV. Pustaka Setia.
Rangkuti, D., Lubis, S. I., Salayan, M., Sari, D. E., & Mujib, A. (2022). Development of Learning Tools Assisted by Manipulative Teaching Aids Through Problem-Based Learning. Development, 5(2).
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sadiman, A.S (2011). Media pendidikan: pengertian pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 83-96.
Saputro, B. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Deveopment) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
Smaldino, S., Lowter, D., & Mims, C. (2012). Instructional Technologya and media for learning. Jakarta: kencana.
Sukmawarti & Hidayat. (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Sukawarti, Hidayat, Putri, L.A. (2022). Workshop Worksheet Berbasis Budaya bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 202-207.