Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam

  • Diah Amalia
  • Saprida Napitupulu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Media Pembelajaran, Puzzle gambar, Karangan Narasi.

Abstract

Pengembangan media puzzle gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam di latar belakangi oleh siswa tidak bersemangat saat menulis dan siswa merasa bosan saat proses pembelajaran disebabkan proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan media pembelajaran yang masih kurang menarik. Sehingga perlu adanya media pembelajaran guna menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi karangan narasi kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media puzzle gambar dan tingkat kelayakannya. Pengembangan media ini menggunakan model penelitian ADDIE sampai pada tahap development (pengembangan). Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media puzzle gambar melalui validasi ahli materi, ahli media dan tanggapan guru. Hasil pengembangan produk media puzzle gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi karangan narasi diperoleh dari hasil validasi ahli dan tanggapan guru yang menghasilkan produk media pembelajaran yang layak digunakan untuk siswa kelas IV SD. Dengan demikian media puzzle gambar untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDĀ  layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, M & Mawarti (2018). Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. JKPD, 1-11.

Febyanita I & Wardhani D (2020). Pengembangan Media Puzzle Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1-6.

Gina A, Iswara P & Jayadinata A (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui PWIM (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas IV B SD Negeri KETIB Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang Utara. Jurnal Pena Ilmiah, 1-10.

Harahap, M., Mujib, A., & Nasution, A. S. (2022). Pengembangan Media Uno Math untuk Mengukur Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 2(1), 209-217.

Hidayah N (2015). Penanaman Nilai-nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1-15.

Hijjah, N., & Bahri, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerpen di Kelas V SD Negeri 064970 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 24-32.

Lestari, Y (2019). Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Sidokaton. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1-8.

Mahnum, N (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah pemilihan media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, 1-9.

Narulita R, Jaya I & Taboer M (2021). Pengembangan Media Puzzle Berseri untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Menggosok Gigi pada Anak Autis Kelas Dasar. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 1-12.

Nasution, M. F., & Darwis, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Articulate Storyline 3 Pada Siswa Kelas IV Di SD Negeri 068074 Medan Denai. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 45-54.

Putri, R (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Film Kartun Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tukangan Yogjakarta. (Skripsi). Universitas Negeri Yogjakarta.

Rohani & Karo, I (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran.(Artikel).

Tantikasari B, Mudzanatun & Kiswoyo (2017). Keefektifan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Puzzle Gambar Seri Terhadap Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri JIKEN 05 Blora. Dinamika Pendidikan, 1- 15.

Tarigan, L. A. B., & Napitupulu, S. (2021). Pengembangan Media Papan Magnetik Pada Pembelajaran Ipa Materi Metamorfosis Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 168-179.

Triskawati, T., & Silalahi, B. R. (2021). Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 55-67.

Santika, A., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas 2 sd. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 83-96.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung:Alfabeta.

Umaya S (2020). Pengembangan Media Visual Papan Permainan Dalam Belajar Matematika di SMP Negeri 12 Binjai Tahun Pelajaran 2020/2021. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Wahyuni R (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Bahasa Indoensia Kelas IV di SD/MI. (Skripsi). Universitas Isllam Negeri Raden Intang Lampung

Ydiasmini N, Agung A & Ujianti P (2014). Penerapan Model Pembelejaran Kooperatif Tipe Teams Tournament (TGT) Berbantuan Media Puzzle Dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif. Universitas Pendidikan Ganesha, 1-10.

Zulfahmi & Sari A (2018). Penerapan Metode Cerita dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas V SDN 12 Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 1-2.

Published
2022-03-28
How to Cite
Amalia, D., & Napitupulu, S. (2022). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 120-130. Retrieved from https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1185