Pengembangan Media Dokansi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Pantun Kelas IV SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan Media pembelajaran berupa Dokansi (Ludo Menyelesaikan Misi) pada materi Teks Pantun di Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas IV. (2) Memvalidasi kelayakan media pembelajaran berupa Dokansi (Ludo Menyelesaikan Misi) pada materi Teks Pantun di Pembelajaran Bahasa Indonesia SD Kelas IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, and Evalution), namun implementasi dan evaluasi dalam penelitian ini hanya pada hasil data penilaian dari Ahli media, Materi dan Guru. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 105326 Desa Bangun Rejo. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen dan guru Kelas IV. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil validasi ahli materi mengemukakan bahwa materi yang terdapat pada media Dokansi sangat layak untuk dipelajari dan dijadikan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi teks pantun. Hasil validasi ahli media dari perwakilan guru, produk yang dikembangkan sudah tidak perlu lagi direvisi dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran berupa Dokansi (Ludo Menyelesaikan Misi) pada materi Teks Pantun. Dan menurut ahli media, produk yang dikembangkan sudah tidak perlu lagi direvisi dan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran berupa Dokansi (Ludo Menyelesaikan Misi) pada materi Teks Pantun. Kesimpulan penelitian ini adalah media Dokansi yang dikembangkan sudah sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
References
Aprilia, E. N., & Anshor, A. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Berbasis Android Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SD NEGERI 107826 Pematang Sijonam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 107-119.
Arif Nugroho, R, W. (2017), Pengembangan Blog Sebagai Media Pembelajaran Matematika, Al-Jabar. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2, Hal. 197-204.
Arief S, Sadiman, (dkk). (2010). Media Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Azhar Arsyad. (2017). Media Pembelajaran, Rajawali Pers. Jakarta Rajawali Press
Harahap, S. R. A. K., & Nasution, A. S. (2021). Pengembangan Media Berbasis Power Point Untuk Penyajian Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui CTL Di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 3(2), 128-137.
Jannah, M., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Paired Storytelling Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah 43 Firdaus. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(01), 01-16.
Kusuma, N., Mujib, A., Syahputra, E., & Ariswoyo, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 39-45.
Muslimin. (2011). Perlunya Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia: Solusi Mengatasi Problem Klasik Pengajaran Bahasa dab Sastra di Sekolah. Jurnal Bahasa Sastra dan Budaya. Vol. 1 No. 1.
Nawawi, Hadari dan Martini Hadari. (2006). Instrumen Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta, Gajah Mada University Press.
Rahmat Arofah Hari Cahyadi. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal. Surabaya
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar &Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanttatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Wuryanti, Umi dan Badrun. (2016). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter. Yogyakarta.