Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Articulate Storyline Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V di SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan media pembelajaran berbasis Articulate Storyline pada tema Peristiwa Dalam Kehidupan di kelas V SD/MI. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Articulate storyline pada tema Peristiwa dalam Kehidupan SD/MI dari hasil validasi kelayakan oleh ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model ADDIE. Model ADDIE memiliki tahapan yaitu, Analyze (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (penerapan) dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket. Teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Media yang dikembangkan divalidasi oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli media dan satu orang ahli pembelajaran. Validasi oleh ahli materi dilaksanakan 2 tahap dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Articulate Storyline yang layak untuk siswa kelas V SD/MI.Validasi oleh ahli media dilaksanakan 2 tahap dan menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang layak untuk siswa kelas V SD/MI. Validasi oleh ahli pembelajaran dilaksanakan 1 tahap dan menghasilkan produk berupa media link pembelajaran yang layak untuk siswa kelas V SD/MI. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran.
Downloads
References
A.M.Sadirman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Arif. S. Sadiman Dkk. (2018). Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Depok: Rajagrapindo Persada.
Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azhar, Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Hidayat & Siti Khayroiyah. 2018. Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Geometri. Jurnal MathEducation Nusantara, 1 (1), 15-19.
Hidayat, Sukmawarti, Suwanto. 2021. The Application of Augmented Really in Elementary School Education. Research, Society and Deveopment. 10(3), 1-6.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto, Media Pembelajaran Manual dan Digital Jakarta: Ghalia Indonesia, 2011.
Rangkuti, C. J. S., & Sukmawarti. 2022. Problematika Pemberian tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring. IRJE Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 565-572
Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada. (107)
Sukmawarti, Hidayat, Lili Amelia Putri. 2022. Workshop Worksheet Berbasis Budaya Bagi Guru MI Jami’atul Qamar Tanjung Morawa. PakMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(1), 202-207.
Sukmawarti, Hidayat, Oca liliani. 2022. Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling 4(4).
Sukmawarti, Hidayat (2020). Cultural-Based Alternative Assessment Development in Elementary School Mathematics. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 536.
Supriyanto, A. (2016) Kolaborasi Konselor, Guru, dan Orang tua Untuk Mengembangkan Kompetensi Anak Usia Dini Melalui Bimbingan Komperensif. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) 4 (1): 1–8.
Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena