Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal yang berperan dalam membentuk pendidikan karakter. Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang didalamnya memuat materi yang mengandung aspek-aspek kehidupan manusia sehari- hari. Aspek tersebut mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia, siswa diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, bertanggung jawab, serta warga negara yang cinta damai. Menggali dan melestarikan berbagai unsur kearifan lokal, tradisi dan pranata lokal, termasuk norma dan adat istiadat yang bermanfaat, dapat berfungsi secara efektif dalam pendidikan karakter, sambil melakukan kajian dan pengayaan dengan kearifan-kearifan baru. Pembelajaran berbasis kearifan lokal dipadu dengan pembelajaran Bahasa Indoensia sangatlah cocok. Hal ini sesuai dengan tujuan Bahasa Indoensia yaitu agar siswa mampu mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan untuk menyelesaikan masalah sosial yang terjadi dikehidupan siswa, sesuai dengan kemampuan belajarnya.