Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui nilai-nilai pendidika yang terkandung dalam film Aisyah : Biarkan Kami Bersaudara (2016). Penelitian ini digunakan metode Deskriptif kualitatif yaitu penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan secara akurat dan sistematis seiring dengan fakta. Subjek penelitian ini adalah Dialog Film Aisyah : Biarkan Kami Bersaudara Film Aisyah : Biarkan Kami Bersaudara (2016), Berdasarkan hasil penelitian dalam film Aisyah Biarkan Kami Bersaudara terdapat 12 nilai-nilai pendidikan karakter adalah sebagai berikut: relegius, Jujur, sikap toleransi terhadap agama, Cinta Damai, gemar membaca, peduli terhadap lingkungan, dan peduli sosial. Film ini sangat kontras dengan budaya dan adat di Indonesia. Disajikan dengan sangat realistis dan natural, sama seperti keadaan daerah Timur Indonesia secara nyata. Film ini cukup berhasil menyajikan keadaan sosial budaya serta permasalahan permasalahan agama di Indonesia, tanpa menyinggung golongan-golongan tertentu bahkan tanpa menggurui, karena memang film ini disajikan dengan santai. Banyak sekali pesan baik lainnya yang disampaikan di dalam film ini, sikap survivor, tabah tanpa mengeluh, pantang menyerah, dan sikap problem solving yang baik yang dimiliki oleh Aisyah membuat kita dapat berkaca pada sosok Aisyah sebagai calon pendidik yang baik. Film drama tentang seorang guru yang pantang menyerah ini mengajarkan kita soal pesatuan dalam perbedaan, pentingnya toleransi tanpa membedakan agama dan ras, dan sarat sekali dengan pendidikan. Apalagi dikemas dengan gaya yang santai, membuat film ini inspiratif, menarik dan menyenangkan untuk dinikmati ceritanya