Strategi Pemasaran Digital UMKM Melalui Pemanfaatan E-Commerce Di Kelurahan Perak Barat

Isi Artikel Utama

Rizti Amelia
Marcella Putri Widya Ningrum
Chairina Syahidia Zahraningrum
Kriska Savriel Brawijaya
Nurkholish Majid

Abstrak

Perkembangan teknologi digital yang semakin luas membuat peluang besar bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengembangkan usaha mereka. E-commerce merupakan salah satu media digital yang memfasilitasi transaksi secara online yang dapat memperluas pasar, menekan biaya, dan meningkatkan efisiensi distribusi. Namun tidak semua pelaku UMKM dapat memanfaatkan teknologi yang berguna untuk produk UMKM mereka terutama di wilayah perkotaan yang masih menghadapi ketimpangan literasi digital, salah satunya di daerah Kelurahan Perak Barat.  Menanggapi kondisi ini kelompok 14 KKN SDGs UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan sosialisasi dan pelatihan fotografi, branding social media, dan pengenalan e-commerce, dengan tujuan meningkatkan kapasitas digital pelaku UMKM dalam pengelolaan bisnis, pemasaran, dan pengembangan jaringan usaha. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung. Hasil dari pendampingan ini menunjukkan peningkatan signifikan para pelaku UMKM yang sudah mulai mengadopsi e-commerce untuk diimplementasikan melalui partisipasi aktif dalam pembuatan akun dan pengunggahan produk UMKM. 


 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles