Peningkatan Literasi Keuangan Islami Bagi Generasi Z Sebagai Upaya Mewujudkan Keluarga Islami Yang Berdaya Dan Berkelanjutan di Klinik Nikah Medan

Isi Artikel Utama

Isnan Nisa Nasution

Abstrak

Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia yang memiliki potensi besar dalam pengembangan keuangan Islam, dikarenakan Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Namun, mayoritas penduduk muslim berbanding terbalik dengan rendahnya tingkat literasi keuangan Islami menjadi tantangan serius, terutama di kalangan Generasi Z yang sedang menuju usia pernikahan. Minimnya pemahaman dan pengetahuan  mengenai manajemen ekonomi keluarga berbasis Islam seringkali menjadi salah satu faktor penyebab konflik bahkan perceraian dalam pernikahan muda. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan Islami bagi Generasi Z sebagai upaya membentuk keluarga yang berdaya dan berkelanjutan sesuai tuntunan Islam. Kegiatan ini dilaksanakan di Klinik Nikah Medan (KLIK) dengan pendekatan edukatif-partisipatif melalui seminar, studi kasus, simulasi perencanaan keuangan Islami, serta pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan dari 90 peserta yang terlibat, peningkatan skor mengenai literasi peserta dari rata-rata 52,6 (pre-test) meningkat menjadi 83,4 (post-test). Selain itu, peserta menunjukkan kemampuan dalam menyusun rencana keuangan keluarga Islami dan kemudian merespons kegiatan dengan tingkat kepuasan di atas 85%. Kegiatan ini menunjukkan bahwa edukasi literasi keuangan Islami sangat efektif untuk mempersiapkan Generasi Muslim dalam membangun keluarga Islam yang harmonis dan tangguh secara ekonomi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles