Sosialisasi Penerapan Teknik Menyimpan pada Materi Pengurangan Untuk Bilangan 20-100 di Sekolah Dasar

Isi Artikel Utama

Zulvia Misykah -
Dinda Widyastika
Dewi Sartika Panggabean
Muhammad Dekar Nasution
Bulan Nuri

Abstrak

Matematika adalah materi pembelajaran di jenjang pendidikan yang tidak bisa lepas dalam kegiatan kehidupan
manusia, baik kegiatan pribadi maupun kegiatan sosial, kegiatan pribadi seperti kebutuahan melihat jam
maupun memasak kue. Sementara kegiatan sosial seperti kegiatan transaksi jual beli dimana pembeli dan
penjual harus sama-sama memiliki kemampuan dalam perhitungan penjumlahan dan pengurang, operasi
bilangan bulat pengurangan sudah diajarkan sejak kelas II di sekolah dasar. Namun selama proses pembelajaran
tidak semudah yang dibayangkan, ada saja terjadi hal-hal yang menghambat tujuan pembelajaran tercapai,
seperti materi yang sulit dipahami disebabkan penjelasan guru tidak sampai kepada peserta didik. Hal ini
menuntut guru untuk dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di kelas, supaya penjelasa guru bisa
dipahami oleh siswa maka dibutuhkan teknik untuk mengajarkan materi pengurangan, teknik ini memisahkan 1
angka dari sebuah bilangan yang kemudian disimpan, dan diakhir proses pengurangan bilangan 1 tadi akan
dijumlahkan kembali. Dengan adanya sosialisasi teknik menyimpan ini, diharapkan dapat memudahkan siswa
mempelajari materi pengurangan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles