IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING UNTUK OPTIMALISASI KINERJA UMKM SEKTOR MAKANAN & MINUMAN KOTA MEDAN

Isi Artikel Utama

Rini Indahwati
Rudianto Surbakti
Nurhaflah Soraya
Melvin Bismark Hamonangan Sitorus
Puan Shareenie Shera binti Abdul Hamid
Nik Rozilaini Wan Mohamed

Abstrak

Abstrak


Pemasaran digital merupakan salah satu strategi yang cukup diminati oleh bisnis saat ini, termasuk usaha kecil dan menengah terutama yang bergerak dalam bisnis makanan dan minuman. Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh dosen-dosen Politeknik Negeri Medan dan berkolaborasi dengan dosen-dosen dari Universiti Teknologi Mara Malaysia bertujuan untuk mengimpelementasikan pemasaran digital pada Kafe Tenank yang ada di Kota Medan. Kegiatan pengabdian ini dimulai dengan pemaparan materi tentang digital marketing oleh pemateri sekaligus penulis buku dilanjutkan dengan implementasi langsung mengenai pemasaran digital. Metode pemasaran digital yang diimplementasikan melibatkan influencer kuliner yaitu Medan.Kulineran. Data yang digunakan untuk pemasaran digital adalah lokasi, menu, harga dan testimoni dari para pelanggan yang telah menikmati jasa dan produk di Kafe Tenank. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah konten digital yang dipublikasikan ke media sosial influencer Medan. Kulineran dan berkolaborasi dengan media sosial Kafe Tenank dan juga dibagikan oleh Politeknik Negeri Medan. Implementasi pemasaran digital diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan pelanggan ke Kafe Tenank dan menjadi branding untuk pelayanan di Kafe Tenank. Pada akhirnya, peningkatkan jumlah pengunjung dengan semakin dikenalnya Kafe Tenank, dapat berdampak pada peningkatan pendapatannya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles