PENGUATAN KELAS INKLUSI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU PAUD DI WILAYAH KABUPATEN SEMARANG

Isi Artikel Utama

Diana Diana
Fathin Farah Fadhilah
Neneng Tasu’ah
Akaat Hasjiandito
Rama Wahyu Arta
Nabila Zakiyyatul Af'idah
Vita Haryanti

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan penguatan bagi guru PAUD yang ada di wilayah Kabupaten Semarang untuk dapat mengelola kagiatan pembelajaran berbasis kurikulum merdeka di kelas inklusi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah in-training dan on- training, yang di bagi tiga tahapan kegiatan. Kegiatan in-training dilaksanakan di kantor Dinas Kabupaten Semarang dan untuk on-training dilaksanakan dengan moda zoom meeting dan LMS. Sasaran dalam kegiatan ini adalah perwakilan guru PAUD yang mewakili IGTKI, pengawas dan penilik di masing-masing Kecamatan Wilayah Kabupaten Semarang dengan jumlah 28 orang. Hasil dari pengabdian ini dapat dikatakan berhasil ditunjukkan dengan adanya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap guru dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi berbasis kurikulum merdeka. Guru mampu merancang aktivitas main yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak dan sesuai dengan kebutuhan mereka Meningkatkan implementasi kelas inklusi berbasis kurikulum merdeka maka guru dapat melakukan modifikasi kurikulum serta kerja sama dengan berbagai pihak seperti dokter, psikolog dan terapis.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles