PENGUATAN LITERASI POLITIK GEN Z MENUJU CIVIC SMART MENJELANG PEMILIHAN KEPALA DAERAH (PILKADA) SERENTAK TAHUN 2024 DI KABUPATEN SEMARANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengabdian ini bertujuan memberikan penguatan literasi politik Gen Z menuju civic smart menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di Kabupaten Semarang. Tingginya antusiasme kaum milenial pada Pemilu 2024 diketahui dari Survei tim Riset dan Analitik Kompas Gramedia Media bersama Litbang Kompas yang menunjukkan 86,7 persen menyatakan bersedia berpartisipasi, 10,7 persen masih menimbang, dan 2,6 persen menolak mengikuti Pemilu. Permasalahan mitra adalah minimnya literasi politik Gen Z, khususnya menghadapi Pilkada tahun 2024. Pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan memberikan pemahaman: (1) pentingnya kesadaran Gen Z menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara yang cerdas (civic smart); (2) pemanfaatan youtube, instagram, facebook, dan media komunikasi seperti whatshap dan line sebagai media literasi politik; (3) mengetahui bahaya hoaks dan black campaign terhadap demokrasi; dan (4) Gen Z sebagai agent of change untuk mewujudkan warga negara terdidik (educated citizen). Metode pelaksanaan dibagi tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi. Hasil akhir kegiatan pengabdian menunjukkan sebanyak 89 persen peserta mampu memahami urgensi literasi politik. Kemampuan mengakses media sosial dan memilah berita sebesar 93 persen, dan kesadaran gen Z sebagai agent of change untuk turut berkontribusi mewujudkan warga negara yang terdidik (educated citizen) sebesar 87 persen.