Pendampingan Pembuatan Lembar Kerja “Speaking” Siswa Bagi Tutor Bahasa Inggris Di Yayasan SAS ANA GROUP

Isi Artikel Utama

Nazriani Lubis
Asnarni Lubis
Baginda Gading DS Dasopang

Abstrak

Pembelajaran abad 21 merupakan barometer pengajaran bahasa Inggris saat ini karena pengajar dituntut untuk mampu menggali potensi keterampilan komunikasi siswa. Keterampilan berbicara dengan bahasa Inggris menjadi urgensi di era digital dengan keterbukaan informasi dan internasionalisasi di bidang pendidikan, industry dan ekonomi. Lembaga kursus bahasa Inggris merupakan pilihan tempat belajar bahasa Inggris bagi siswa Indonesia karena lembaga kursus menawarkan kelas sesuai dengan tingkat pengetahuan dan relevanasi kebutuhan siswa. Namun, tutor bahasa Inggris Yayasan SAS ANA Group masih mengalami kesulitan dalam merancang lembar kerja speaking siswa. Lembar kerja merupakan alat yang digunakan pengajar untuk mengevaluasi kemampuan siswa. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, tim pengabdian menawarkan pelatihan pembuatan lembar kerja speaking siswa dengan metode communicative approach dan diskusi. Tahap pelaksanana terdiri dari; sosialisasi, small group discussion, dan demonstrasi. Kemudian, angket dan lembar observasi digunakan untuk mengukur ketercapaian pelatihan ini. Berdasarkan hasil yang diperoleh, keterampilan pembuatan lembar kerja speaking seluruh tutor bahasa Inggris Yayasan SAS ANA meningkat secara signifikan. Kegiatan ini berdampak terhadap pemahaman mereka secara teoritikal dan praktikal dalam mengimplementasikan pembelajaran inovatif berdasarkan barometer pembelajaran abad 21.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles