Pengembangan Keterampilan Guru Dalam Inovasi Pembelajaran Berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Bagi Guru SMP Maria Goretti Semarang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Innovative learning combines information and communication technology as well as collaboration between students and teachers based on
Pembelajaran inovatif menggabungkan teknologi informasi dan komunikasi serta kolaborasi peserta didik dengan guru berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan fokus pada keterampilan pembelajaran abad 21. Pembelajaran ini dikemas dalam platform TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge). Permasalahan yang dihadapi mitra, bahwa guru belum sepenuhnya mampu menerapkan pembelajaran inovatif berbasis TPACK. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan agar guru mampu menerapkan pembelajaran inovatif berbasis TPACK. Metode pengabdian yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pengabdian terdiri atas tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil akhir pelatihan dan pendampingan yang dilakukan yaitu tingkat penguasaan pengetahuan dan informasi di bidang media pembelajaran berbasis teknologi (seperti Canva, Virtual Reality, dan Augmented Reality) mencapai 85%, penguasaan model pembelajaran inovatif (Problem Based Learning dan Project Based Learning sebesar 90%, dan kemampuan menyusun modul ajar berbasis TPACK sebesar 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa pelatihan dan pendampingan yang dilaksanakan terbukti berhasil mengembangkan keterampilan guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif berbasis TPACK.