Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Di Sekolah Dasar Sejahtera IV Bandar Lampung

Isi Artikel Utama

Ernawati Siagian
Sherly Manurung

Abstrak

Latar Belakang: Gizi yang seimbang merupakan salah satu hal yang diperhatikan secara khusus oleh pemerintah, mengingat masih banyak anak usia sekolah yang dinilai belum memiliki gizi yang seimbang, salah satu upaya pemerintah untuk mendukung peningkatan gizi seimbang anak adalah dengan memberikan edukasi gizi seimbang. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan dan sikap anak di sekolah dasar Sejahtera IV Bandar Lampung. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif experimental dengan satu grup pretest dan posttest pada anak usia sekolah dasar kelas 4-6 berjumlah 40 anak yang dilaksanakan pada tanggal Mei 2024 di SD Sejahtrera IV Bandar Lampung, hasil data yang diperoleh menggunakan kuesioner kemudian diolah menggunakan software SPSS dan disajikan dalam bentuk tabel yang kemudian akan dijelaskan lebih lanjut. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan sikap setelah edukasi dengan adanya pengaruh signifikan antara edukasi gizi seimbang dengan pengetahuan (p-value 0,029, 0,002, 0,000 (<0,05)) dan tidak ada pengaruh yang signifikan antara edukasi gizi seimbang dengan sikap anak (p-value 0,134, 0,132, 0,522 (>0,005)). Kesimpulan: Dari hasil penelitian ini didapati bahwa edukasi gizi seimbang pada anak sangat penting dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles