Kolaborasi Pendampingan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil (UMK) Berbasis Digital Marketing di Desa Jatimukti, kec. Jatinangor, kab. Sumedang, Jawa Barat

Isi Artikel Utama

Astika athahirah

Abstrak

Tantangan digitalisasi yang semakin pesat menuntut adanya pemasaran produk Usaha Mikro Kecil (UMK) menggunakan berbagai platform media sosial ataupun platform berbasis web yang dapat diakses pada smartphone masing-masing. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam pemasaran produk UMK ini seperti minimnya pengetahuan pelaku UMK dalam hal teknis pemasaran secara tepat sehingga diperlukan pendampingan pemasaran produk berbasis digital marketing. Kegiatan ini dilakukan melalui kegiatan kolaborasi antara penulis sebagai dosen pelaksana Pengabdian kepada Masyarakat dengan seorang konsultan pemasaran di Jawa Barat. Adapun tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka memaksimalkan proses pendampingan pemasaran produk berbasis digital marketing melalui beberapa elemen kolaborasi sehingga masing-masing pelaku UMK dapat menguasai penggunaan salah satu atau beberapa platform. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Hasilnya menunjukkan bahwa seluruh elemen kolaborasi dapat terpenuhi dengan baik, meskipun waktu pelaksanaan kegiatan ini sangat singkat, namun proses pendampingan pemasaran produk berbasis digital marketing terus berlanjut hingga saat ini sebagai wadah konsultasi bagi pelaku UMK di Desa Jatimukti, Kec. Jatinangor.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles