Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Melalui Digital Marketing Pada Kerupuk Ikan Gelamo Di Desa Bukit Terap

Isi Artikel Utama

M Iqbal Arrosyad
Ayu Pradina
Gusfia Natasya
Mantari Mantari
Merlina Merlina
Mirza Nur Faqih
Namasya Duri Arga
Nur Anisa
Rara Tresya
Rifki Muhammad Ilham
Wiri Taruna

Abstrak

Pemasaran produk UMKM di Desa Bukit Terap masih dilakukan dengan strategi pemasaran konvensional dan belum memanfaatkan media digital. Manajemen pemasaran yang dilakukan ini kurang efektif. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah pendampingan pemasaran produk UMKM melalui digital marketing pada Kerupuk Ikan Gelamo di Desa Bukit Terap. Metode pendekatan yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang melibatkan mitra  dalam mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif ke arah kehidupan yg lebih baik. Hasil pengabdian menunjukkan penggunaan teknologi membuat mitra terbantu dalam pemasaran produknya dan terjadi peningkatan penjualan produk melalui media sosial. Setelah pendampingan, mitra dapat memanfaatkan media sosial seperti instagram, facebook dan whatsApp untuk memasarkan produk yang dimiliki. Dengan demikian kegiatan pengabdian ini terbukti berhasil memberikan dampak positif kepada mitra.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles