SOSIALISASI MULTIMEDIA DIGITAL MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DAN TEAM GAMES TOURNAMENT: PRODUKSI POWER POINT INTERAKTIF (PPI) UNTUK GURU MTs SWASTA LAB IKIP AL WASHLIYAH KOTA MEDAN

Isi Artikel Utama

Asnarni Lubis
Nazriani Lubis

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, fokus kepada mitra yaitu Guru MTs Swasta LAB IKIP Al Washliyah yang dominan pada guru berusia antara 35 – 40 tahun, yang memiliki permasalahan tentang penggunaan penguasaan produksi multimedia digital, hasil wawancara diketahui bahwa 60% guru masih fokus kepada kegiatan Latihan yang bersifat konvensional bahkan jarang menggunakan media, walau sudah melewati masa pandemic selama satu tahun, tetap guru masih mengalami kesulitan menciptakan media yang mampu menstimulus peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi kepada guru bahwa media audivisual berupa power point dapat dijadikan video dan dapat mengunggah video tersebut ke media social baik dalam bentuk reels ataupun youtube, sehingga pembelajaran dapat berlangsung menyenangkan. Metode yang digunakan adalah dengan tahapan pendahuluan, sosialiasasi dengan pendekatan inkuiri dan Team Games Tournament (TGT) dan evaluasi dengan observasi dan pengisian angket Skala Likert untuk mengetahui peningkatan dan keberhasilan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Hasil yang diperoleh 80% guru menyakini pentingnya media dalam proses pembelajaran sebagai stimulus keberhasilan dalam pembelajaran di era new normal dan factor keberhasilan kegiatan adalah minat guru dan kebutuhan penggunanaan media dalam pembelajaran. Kegiatan memberikan kontribusi bahwa pembelajaran akan menjadi berhasil jika guru mampu menstimulus dan beradaptasi dengan perkembnagan teknologi selama proses pembelajaran untuk peserta didik usia 12 – 15 tahun sehingga peserta didik mampu mengikuti pembelajaran dengan menyenangkan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Articles