Pendampingan Penulisan Karya Tulis PTK Bagi Guru SD Dan SMP Muhammadiyah Sungailiat
Isi Artikel Utama
Abstrak
Undang-undang No. 14 Tahun 2005 menuntut guru untuk memiliki kompetensi dan profesional. Salah satu bentuk profesional guru adalah melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK). Namun di lapangan, masih sangat banyak guru yang belum paham bagaimana melaksanakan PTK. Hasil observasi di SD Muhammadiyah Sungailiat, didapat bahwa hampir semua guru belum pernah menerima pembelajaran maupun pelatihan penulisan PTK. Sehingga penulis tertarik untuk mengadakan kegiatan penulisan proposal PTK. Subjek pengabdian merupakan guru pada SD dan SMP Muhammadiyah Sungailiat berjumlah dua puluh lima peserta. Metode yang digunakan adalah pelatihan melalui ceramah dan diskusi. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan kegaitan. Pengabdian menghasilkan proposal penelitian PTK yang dibuat oleh peserta serta hasil survei kepuasan menyatakan bahwa 97% peserta merasa senang dan mendapat pembelajaran menarik untuk mulai melaksanakan penelitian. Peserta berharap bahwa kegiatan serupa dapat dilaksanakan kembali.