PEMBERDAYAAN DAN PENGEMBANGAN FUNGSI LABORATORIUM MINI OFFICE DI SMK PAB 3 DAN SMK MARISI JURUSAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan pengabdian ini bekerja sama dengan Mitra dari SMK PAB 3 Medan dan SMK Marisi Medan dalam memberdayakan dan mengembangkan Laboratorium Mini Office yang dapat digunakan untuk paraktek pembelajaran produktif di SMK Jurusan OTKP. Laboratorium Mini Office akan digunakan untuk praktek pembelajaran yang produktif di Perkantoran dengan beberapa tujuan yakni untuk: Praktek Perkantoran, Administrasi Umum, Teknologi Perkantoran, Kearsipan dan Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana dan diikuti oleh guru-guru administrsi perkantoran di dua sekolah mitra. Tahapan kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah (1) Memilih dan menetapkan ruangan yang akan digunakan untuk menjadi laboratorium Mini Office, (2) Menetapkan peralatan standar yang harus tersedia untuk Laboratorium Mini Office yang dikembangkan. (3) Merancang Laboratorium Mini Office dengan menata lay out tata perkantoran terbuka, menata peralatan yang akan digunakan dalam praktek kompetensi perkantoran. (4) Melakukan pendampingan kepada guru dengan kegiatan open class dalam menggunakan Master LayOut Laboratorium Mini Office. (5) Pendampingan menggunakan peralatan yang tersedia di Laboratorium Mini Office. Jenis Open Class yang diterapkan pada kegiatan pengabdian ini adalah dengan memfasilitasi para guru dan pendampingan untuk bisa memahami alur desain Layout kantor yang ada dengan kelebihan dan kelemahan masing-masing, pemilihan layout kantor dengan tuntutan pekerjaan yang ada, dan cara menata kantor dengan layout yang ditetapkan dan sesuai standar, serta pemilihan alat kerja atau fasilitas dan hal penting lainnya yang dibutuhkan dalam mendukung pekerjaan di kantor.