MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DESA PERCUT SEI TUAN

Main Article Content

Khairiah Khairiah
Dahlia Sirait

Abstract

Pembelajaran sains sebagai subsistem pendidikan nasional memberi kontribusi penting dalam
pembentukan karakter siswa. Pembelajaran sains yang benar akan mengarahkan siswa untuk
memiliki karakter-karakter diantaranya berupa kecermatan, disiplin, kejujuran, ketekunan,
berpikir kritis, bertanggungjawab, dan saling bekerja sama. Desa Percut Sei Tuan salah satu desa
di Kota Medan akan menjadi sasaran pengabdian masyarakat untuk melakukan pelatihan dan
sosialisasi terkait Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sains di Sekolah Desa
Percut Sei Tuan. Hal ini dilakukan karena permasalahan yang berkaitan dengan Narkoba di Desa
ini agak mengkhawatirkan dan ini berkaitan dengan keluarga terdekat yang merupakan pemakai
dan pengedar. Agar pendidikan karakter tidak bertambah merosot dan pengaruh narkoba tidak
semakin menjadi-jadi, maka perlu adanya penyuluhan ke sekolah- sekolah khususnya sekolah.
Metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah pendekatan keterampilan proses melalui
pelatihan dan sosialisasi. Pendekatan keterampilan proses adalah proses pembelajaran yang
dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan fakta fakta, membangun konsepkonsep
dan teori teori dengan keterampilan intelektual dan sikap ilmiah siswa sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Khairiah, K., & Sirait, D. (2018). MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DESA PERCUT SEI TUAN. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 6-9. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v1i1.8
Section
Articles