THE IMPLEMENTATION OF LMS-GOOGLE CLASSROOM TO IMPROVING COMPETENCE SKILL OF SENIOR HIGH SCHOOL TEACHERS’ IN INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0

Main Article Content

Rahmi Ramadhani
Ermayanti Astuti
Titin Setiawati

Abstract

Kegiatan program kemitraan masyarakat stimulus (PKMS) yang dilakukan berupa pelatihan implementasi Learning Management System (LMS)-Google Classroom  dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi guru SMA An-Nizam dalam menghadapi era Revolusi Industri 4,0.  Jumlah peserta pelatihan ini sebanyak 25 orang guru. Target luaran kegiatan PKMS ini adalah 1) peningkatan pemahaman dan pengetahuan para guru dalam membuat konten bahan ajar, LKS hingga evaluasi penilaian berbasis LMS-Google Classroom dalam proses pembelajaran; 2) peningkatan keterampilan para guru dalam menggunakan LMS-Google Classroom; dan 3) peningkatan motivasi serta antusiasme para guru dalam menerapkan LMS-Google Classroom. Metode kegiatan PKMS ini dilakukan dalam empat tahapan. Tahap pertama adalah konfirmasi dan observasi pendahuluan pada sekolah mitra. Tahap kedua adalah pelaksanaan pelatihan yang diisi dengan turorial penggunaan LMS-Google Classroom. Tahap ketiga adalah implementasi LMS-Google Classroom yang telah dikembangkan (IN dan ON). Tahap keempat adalah evaluasi hasil implementasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PKMS ini diantaranya 1) para guru mampu memahami cara membuat dan mengembangkan LMS-Google Classroom baik secara konten bahan ajar hingga alat evaluasi penilaian berbasis digital; 2) para guru mampu menggunakan LMS-­Google Classroom yang telah dibuat; dan 3) para guru mampu mengundang siswa untuk bergabung dan mempelajari konten bahan ajar maupun evaluasi penilaian dalam LMS-Google Classroom secara antusias dan semangat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadhani, R., Astuti, E., & Setiawati, T. (2019). THE IMPLEMENTATION OF LMS-GOOGLE CLASSROOM TO IMPROVING COMPETENCE SKILL OF SENIOR HIGH SCHOOL TEACHERS’ IN INDUSTRIAL REVOLUTION 4.0. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 327-335. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.286
Section
Articles