Psikoedukasi Bullying Pada Siswa Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren

Main Article Content

Sri Muliati Abdullah
Narastri Insan Utami
Malida Fatimah

Abstract

Bullying adalah tindakan penggunaan kekuasaan untuk menyakiti seseorang atau sekelompok orang baik secara verbal, fisik, maupun psikologis sehingga korban merasa tertekan, trauma, dan tak berdaya. Bullying merupakan masalah perilaku yang saat ini marak terjadi dikalangan remaja. Adapun pemberian psikoedukasi bertujuan agar para santri mengetahui dan memahami gambaran perilaku bullying di lingkungan teman sebaya sehingga dapat mencegah munculnya bullying yang terjadi di Madrasah Aliyah “X”. Hasil analisis dari perhitungan Wilcoxon Signed-Rank Test pada pengukuran pretest dan posttest didapatkan nilai Z= -5,110 dan p= 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukan perbedaan skor tingkat pengetahuan partisipan kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mendapatkan psikoedukasi. Pengetahuan para siswa setelah diberikan psikoedukasi meningkat (M=7,48) dibandingkan sebelum diberikan psikoedukasi tentang Bullying (M=6,80).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abdullah, S. M., Utami, N. I., & Fatimah, M. (2025). Psikoedukasi Bullying Pada Siswa Madrasah Aliyah Berbasis Pesantren. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 586-595. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v8i2.2647
Section
Articles