PELATIHAN PEMBUATAN TUGAS PROYEK KREATIF UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN ABAD 21 BAGI TUTOR SAS ANA GROUP
Main Article Content
Abstract
Sistem pendidikan Indonesia saat ini menuntut para pengajar untuk mampu merancang sebuah tugas proyek kreatif agar mencapai tuntutan kehidupan nyata di abad 21. Namun, para pengajar di lembaga Kursus Bahasa Inggris Yayasan SAS ANA Group masih mengalami kesulitan mengaplikasikan Project-based learning secara sistematis. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, solusi yang diberikan adalah pelatihan pembuatan tugas proyek kreatif melalui implementasi Project-based Learning. Metode pelaksanaan dilakukan dengan sosialisasi, demonstrasi, diskusi, evaluasi, dan pengisian angket untuk mengukur pemahaman para pengajar. Hasil angket mengungkapkan bahwa para pengajar dapat merancang sebuah tugas proyek sederhana, namun mereka kurang memiliki banyak referensi sehingga muncul rasa khawatir ketika harus mengubah cara pengajaran sebelumnya dengan implementasi Project-based Learning seutuhnya.