CLASSDOJO SOLUSI PEMBELAJARAN JARAK JAUH
Main Article Content
Abstract
Mitra pengabdian ini adalah Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS.s) Lab. IKIP Al Washliyah yang berlokasi di Jl. Garu II A No.93, Kelurahan Sitirejo II, Kecamatan Amplas, Kota Medan. Pembelajaran jarak jauh yang masih berlangsung di Indonesia karena wabah covid-19 belum juga reda. Pembelajaran jarak jauh ini memerlukan media perantara antara guru, siswa dan orangtua. Oleh karena itu, salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi yang terstruktur dan lengkap sebagai media interaksi antara guru siswa dan orangtua dalam pembelajaran adalah ClassDojo. Data observasi awal diketahui 75% mitra masih mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi jarak jauh dalam pembelajaran, bagi mitra proses pembelajaran jarak jauh hanya melalui whats app . Metode yang digunakan adalah metode sosialisasi yang dilaksanakan dengan proses terbimbing, artinya kegiatan ini dilaksanakan dengan proses pendampingan, sehingga mitra akan diberikan pengarahan dalam pembelajaran dan pentingnya mengetahui aplikasi pembelajaran jarak jauh, data diambil menggunakan angket Skala Likert untuk mengetahui peningkatan pemahaman setelah mengikuti pendampingan. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa mitra memiliki peningkatan kemampuan, sebelum diberikan pendampingan mitra memiliki kemampuan sebesar 45,15 dan setelah diberikan diperoleh nilai 85,53; indikator penilaian yang tinggi terdapat pada memaknai pembelajaran jarak jauh sebesar 83,75%, penggunaan aplikasi 82,63%. Melalui fitur-fitur yang ada di ClassDojo yang memudahkan guru untuk mendapatkan tugas-tugas siswa, berkomunikasi dan mengirim laporan tentang perkembangan siswa dan orangtua dapat memantau perkembangan tersebut.