PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATAKULIAH ENGLISH FOR MEDIA UNTUK MAHASISWA SASTRA INGGRIS UMN AL-WASHLIYAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran role playing pada mata kuliah english for media. Model pembelajaran sering kali digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak tentang gejala-gejala. Hal ini sesuai dengan fungsi model itu sendiri yaitu bersifat mencari. Berdasarkan pengamatan di Fakultas Sastra UMN AW proses pembelajaran masih didominasi oleh dosen, sehingga membuat mahasiswa pasif. Untuk mencapai kompetensi pembelajaran adalah melakukan perbaikan dengan menerapkan model role playing. Permasalahan: 1) Apakah model pembelajaran role playing tepat jika digunakan pada mata kuliah english for media? 2) Bagaimana respon mahasiswa setelah di terapkannya model pembelajaran role playing pada matakuliah english for media?. Tujuan: 1) Mengembangkan pemahaman tentang pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa. 2) Mengetahui respon / tanggapan mahasiswa terhadap model role playing. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survey. Instrument pada penelitian ini adalah angket yang berisikan beberapa item kuesioner pertanyaan terbuka tentang persepsi terhadap masalah penelitian. Selain kuesioner, wawancara juga dilakukan sebagai tindak lanjut dari pemberian angket agar hasil penelitian lebih akurat.