ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Nora Chusna Saputri
Rika Kurnia Sari
Dhea Ayunda

Abstract

Kemampuan siswa dalam matematika tidak hanya sekedar berhitung, tetapi siswa mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah sehari-hari. Kemampuan literasi matematis siswa ada 4 indikator, yaitu 1) merumuskan masalah nyata dalam pemecahan masalah; 2) menggunakan matematika dalam pemecahan masalah; 3) menafsirkan solusi dalam pemecahan masalah; 4) mengevaluasi solusi dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa SMPN 1 Pegajahan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi matematis dan wawancara guru. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas IX-1 yang berjumlah 38 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini adalah dari keempat indikator kemampuan literasi matematika sebagian besar siswa mampu mencapai sampai ketiga indikator saja. Kemampuan literasi matematika siswa tergolong sedang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Andi, P., Ariswoyo, S., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Autograph. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 31-39.
Fathani, A. H. (2016). PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCES. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 4(2). https://www.oecd.org/pisa/.
Hanum, A., Mujib, A., & Firmansyah, F. (2020). LITERASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN ETNOMATEMATIKA GORDANG SAMBILAN. JIPMat, 5(2), 173-184.
Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Landong, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Budaya Mandailing Natal Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 1(2), 72-78.
Lubis, N., Mujib, A., & Sriwahyuni, Y. (2020). GURU KELILING (GULING) PADA MASA PANDEMI COVID-19. Integral: Pendidikan Matematika, 11(2), 28-39.
Purwasih, R., Sari, N. R., & Agustina, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Dan Mathematical Habits Of Mind Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numeracy, 5(1), 67–76.
Syarifudin, A. S. (2020). IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEBAGAI DAMPAK DITERAPKANNYA SOCIAL DISTANCING. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072