KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Main Article Content

Harli
Muty Syahputri
Lola Febriyanty

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan kemampuan penalaran matematis siswa dalam pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPS karya Lotara Lombok Timur yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa tergolong sangat rendah dengan rata - rata yang diperoleh siswa untuk tes kemampuan penalaran ini sebesar 18,94. Dalam penelitian ini menunjukkan kemandirian belajar siswa terbagi menjadi 3 kategori yaitu tinggi sedang dan rendah. Terdapat 1 siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, 23 siswa kategori sedang dan 2 siswa berkategori rendah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Andi, P., Ariswoyo, S., & Mujib, A. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Model Problem Based Learning (PBL) dengan Model Think Pair Share (TPS) Berbantu Autograph. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 31-39.
Fahrudi, Febri Estu. 2019.“Penalaran Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa.”Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
Ferrini-Mundy, Joan. 2000. “Principles and Standards for School Mathematics: A Guide for Mathematicians.” Notices of the American Mathematical Society 47(8).
Firman, and Sri Rahayu Rahman. 2020. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2(2):81–89.
Fitriana, Laila. 2010. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation (Gi) Dan Stad Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa.” Tesis.
Hasibuan, Eka Khairani. 2018. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung.” AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika 7(1):18–30. doi: 10.30821/axiom.v7i1.1766.
Irawaan, Ari. 2015. “Pengaruh Kecerdasan Numerik Dan Penguasaan Konsep Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritik Matematika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 4(1):46–55. doi: 10.30998/formatif.v4i1.138.
Lestari, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Langkat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(1), 13-23.
Linola, Delima Mei, Retno Marsitin, and Tri Candra Wulandari. 2017. “1 , 2 , 3 1.” 1(1):27–33.
Lubis, M. S. (2020). Penerapan Model Explicit Instruction pada Pembelajaran Lagu-Lagu Daerah di Kelas IV SDN 101886 Kiri Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 2(2), 71-80.
Marfilinda, R. (2019). Pengaruh Model Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Konsep Dasar IPA SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 1(2), 79-92.
Sa’diyah, Ihda Farihatus, and Tatag Yuli Eko Siswono. 2018. “Penalaran Adaptif Siswa Reflektif Dan Implusif Dalam Mengajukan Soal Matematika.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 7(3):21–29.
Sadikin, Ali, and Afreni Hamidah. 2020. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Biodik 6(2):109–19. doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
Safrida, Lela Nur, Abdur Rahman As’ari, and Sisworo Sisworo. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Peluang Kelas Xi Sma.” Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 1(4):583–91.
Sari, Annisa Ratna. 2013. “Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 11(2):32–43. doi: 10.21831/jpai.v11i2.1689.
Sartyka, B., Mujib, A., & Mawengkang, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35-46.
Sulistiawati. 2014. “Analisis Kesulitan Belajar Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Limas.” Seminar Nasional Pendidikan Matematika (November):89–95.
Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. (2020, May 8). Retrieved December 22, 2020, from GTKDIKMENDIKSUS 2020 website: http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/surat-edaran-mendikbud-nomor-4-tahun-2020
Usman, A., Fauzi, A., Karnasih, I., & Mujib, A. (2020). Kemampuan Spasial Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Berbahan Pipet. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 321-330.
Zannati, Ghina Nurul, Aflich Yusnita Fitrianna, and Euis Eti Rohaeti. 2018. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Perbandingan.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 1(2):107. doi: 10.22460/jpmi.v1i2.p107-112.