Perkalian Silang Vs. Perkalian Bersusun

Main Article Content

Suherdi Suherdi
Sukmawarti
Nuzirwan
Abdul Mujib

Abstract

Perkalian adalah operasi dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Lemahnya pemahaman tersebut akan menyulitkan siswa untuk mempelajari materi matematika ke tingkat yang lebih tinggi. Sejalan dengan itu penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif cara mudah dan cepat dalam penyelesaian perkalian tiga digit menggunakan perkalian silang, serta membandingkan perkalian  metode susun kebawah dengan metode perkalian silang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Dengan melibatkan mahasiswa semester 1 sebagai calon guru di kemudian hari. Penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu : 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan yang terdiri dari tes treatment dan wawancara, 3. Evaluasi. Hasil Penelitian menunjukkan mahasiswa sangat antusias dan senang mengetahui adanya metode perkalian silang ini, dibandingkan dengan perkalian susun kebawah yang selama ini yang menjadi satu satunya cara penyelesaian perkalian tiga digit yang mahasiswa ketahui. Mahasiswa akan menggunakan metode perkalian silang ini dalam penyelesaian perkalian tiga digit dibandingkan perkalian susun kebawah yang biasa mahasiswa gunakan


 


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Sukmawarti, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Nuzirwan, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Abdul Mujib, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

References

Arisandi, E. (2014). Meningkatkan Kemampuan Operasi Perkalian untuk Anak Diskalkulia Melalui Metode Garismatika. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 3(3).
Al-Husna, C., & Mujib, A. (2020). MENEMUKAN POLA PERKALIAN DENGAN ANGKA 9. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 55-70.
Harini, L. P. I., & Nilakusmawati, D. P. E. (2014). Kajian efektivitas penerapan metode ringkas dalam perkalian susun. Jurnal Matematika, 4(2), 111-129.
Irawati, I., Dewi, S. K., Sakinah, A., Tanjung, I. L. F., Wahyuni, D., Siregar, N. A., & Mujib, A. (2020). Metode Perkalian Silang Versus Metode Perkalian Latis. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 34-41.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Mujib, A. (2015). Analysis of student difficulties in constructing mathematical proof on discrete mathematics course. In Proceeding of International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education (Vol. 1, pp. 49-55).
Mujib, A., & Suparingga, E. (2013, November). Upaya Mengatasi Kesulitan Siswa dalam Operasi Perkalian dengan Metode Latis. In Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Payung, Z. (2014). Penerapan Jarimatika Untuk Meningkatkan Kecepatan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Siswa Kelas IV SDN 184 Inpres Ulusalu”. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 563-574.
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.
Safriani, A., Pratiwi, A., Pulungan, K., Sari, N., Anjani, R., Dewi, S. P., & Mujib, A. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN POLA ALTERNATIF DARI PERPANGKATAN DUA DIGIT DENGAN SATUAN SATU. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU (JPPT), 2(1), 26-33.