HOW TO CALCULATE THE SQUARED NUMBER ?

Main Article Content

Dinda Humairoh
Dinda Putri Azura
Laras Prastika Dewi Harahap
Reni Aisawa
Suci Atika Sari
Tanti Anggraini
Abdul Mujib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempermudah siswa dalam menyelesaikan soal bilangan kuadrat pada siswa kelas VII. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sampel penelitian adalah siswa kelas VII dari berbagai sekolah di kota Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test tertulis, wawancara dan juga dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara penyajian data dalam bentuk hasil perolehan kecepatan waktu pengerjaan siswa serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecepatan siswa dalam menyelesaikan soal bilangan kuadrat dengan cara konvensional memperoleh rata-rata pengerjaan 40 detik per siswa sedangkan untuk kecepatan penyelesaian jawaban soal dengan cara cepat memperoleh rata-rata kecepatan 25 detik per siswanya dengan jawaban yang sudah dipastikan benar. Kesulitan yang dihadapi sebelum diberikannya konsep cara cepat penyelesaian soal bilangan berpangkat dua: (1) tidak memahami konsep penyelesaian bilangan kuadrat dan (2) kesalahan dalam perhitungan perkalian


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Dinda Putri Azura, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Laras Prastika Dewi Harahap, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Reni Aisawa, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Suci Atika Sari, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Tanti Anggraini, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

Abdul Mujib, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

 

 

References

Hasanah., Bahri, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SN Negeri 101886 Kirihilir. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu. 1(2),
Mujib, A. (2015). Analysis of student difficulties in constructing mathematical proof on discrete mathematics course. In ProceedingsInternational Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education.
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
Permana, W. H. (2019). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar dan Peluang Pada Permainan Tradisional Kebudayaan Korea Selatan. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN TERPADU, 1(2), 138-150.
Pujilestari. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Sma Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar. Jisp, 2(1), 226–232.
Sahriah, S. (2012). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri Malang. 1.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfa Beta.