PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN ASPEK KOGNITIF SISWA

Main Article Content

Khairida

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran di SMP Swasta Methodist Pantai Labu, masih banyak kekurangan dalam memahami pembelajaran terutama pada materi jual beli, siswa masih mengalami ketidaktertarikan dalam mengikuti pembelajaran, sehingga hasil yang diperoleh masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran berbasis etnomatematika dapat meningkatkan secara signifikan minat belajar dan aspek kognitif serta mengetahui interaksi penerapan pembelajaran berbasis etnomatematika dalam aspek kognitif terhadap minat belajar siswa. Dengan demikian, penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan design true eksperimental, dengan sampel diambil secara random purposive sebanyak 60 sampel di SMP Swasta Methodist Pantai Labu kelas VII, dengan menggunakan dua kelas penelitian. Dengan demikian teknik analisa data menggunakan Anava 2 x 2 dan teknik pengumpulan data dengan tes objektif dan angket skala Likert. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (a) penerapan pendekatan pembelajaran berbasis etnomatematika dapat meningkatkan signifikan minat belajar siswa; (b) penerapan pendekatan pembelajaran berbasis etnomatematika dapat meningkatkan secara signifikan aspek kognitif siswa dan (c) ada interaksi penerapan pembelajaran berbasis etnomatematika dalam aspek kognitif terhadap minat belajar siswa. Dalam hal ini juga diketahui bahwa pembelajaran berbasis etnomatika, memberikan kesempatan siswa dalam mengenal dan memahami pembelajaran matermatika terutama pada materi jual beli.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Amanah, J. & Suryandari. (2012). Pengaruh Pemberian Penguatan Positif Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Se-Kecamatan Klirong. Artikel Ilmiah.
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12.
Nuh dan Dandiri. (2016). Etnomatematika Dalam Sistem Pembilangan Pada Masyarakat Melayu Riau. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Volume 19 Nomor 2.
Putra, & Indriyani. (2017). Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 1.
Rakhmawati. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Jurnal Pendidikan

Landong, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Budaya Mandailing Natal Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu, 1(2), 72-78.
Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.
Sukada, S. & Yudia (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasdan Kecerdasan Logis Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4 Tahun 2013.
Sirate. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan. Volume 15 Nomor 1.
Zahroh. (2016). Penerapan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Artikel Ilmiah.