PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REVIEW OVERVIEW PRESENTATION EXERCISE SUMMARY (ROPES)

Main Article Content

Weni Ariyanti Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran Review Overview Presentation exercise SummaryI (ROPES) di kelas VII Mts. Muallimin Univa Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah Kelas VII yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan lembar observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata aktivitas siswa mencapai 29,7%  dan siklus II  aktivitas siswa meningkat menjadi 39,8 %  terjadi peningkatan sebesar 10,1%. Hasil analisis data diperoleh tes siklus I nilai rata-rata 67,68 dan siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80,69 mengalami peningkatan sekitar 13,01 poin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Aqib, Z. (2002). Profesional Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendikia
Asrori, M. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12.
Fitri. (2009). Penerapan Model Pembelajaran ROPES Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Standar Kompetensi Mengelola Kartu Utang di SMK Swasta Alfattah Medan Tahun Pembelajaran 2009/2010. Medan
Hakim, L. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hikmah. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Ropes Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas IX IS SMK PAB-2 Tahun Pembelajaran 2010/2011. Medan: UMN Al-Washliyah.
Imelda, A. (2008). Penerapan Model Pembelajaran ROPES terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Pemuaian di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 10 Medan T.A. 2008/2009. Medan: UMN Al-Washliyah
Juliati, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran ROPES Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IS 2 SMA Swasta Setia Budi Abadi Perbaungan T.P 2010/2011. Medan: UMN Al-Washliyah.
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suharsimi, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.