PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS BUDAYA MANDAILING NATAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Main Article Content

Ahmad Landong

Abstract

Quantum Learning adalah model pembelajaran yang menciptakan lingkungan belajar yang efektif, dengan cara menggunakan unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Learning berbasis Budaya mandailing Natal terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 127 Pagur Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal. Populasi penelitian berjumlah 52 siswa sebagai sampel yang ditentukan melalui teknik random sampling, Penelitian ini merupakan quasi ekperimen, Data dikumpulkan dengan kuesioner motivasi dan tes hasil belajar matematika, kemudian dianalisis dengan anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan Hasil Belajar siswa yang dibelajarkan dengan Model Quantum Learning berbasis budaya Mandailing Natal dengan anak melalui Pembelajaran Langsung. Hasil belajar menggunakan Model Quantum Learning berbasis budaya Mandailing Natal lebih tinggi dibandingkan menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Hal ini dapat diihat berdasarkan perhitungan anava dengan menggunakan SPSS versi 20 diperoleh  signifikan 0,000 dengan α = 0,05. Maka dapat dilihat bahwa signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara Kemampuan Komunikasi Matematis yang dibelajarkan  dengan Model Quantum Learning berbasis Budaya Mandailing Natal, dengan anak melalui Model Pembelajaran Langsung.(2) Terdapat perbedaan Hasil belajar siswa yang memiliki Motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki Motivasi belajar rendah. Hal ini dapat dilihat rata-rata motivasi  yang diperoleh siswa dengan Model Quantum Learning berbasis budaya Mandailing Natal. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perhitungan anava dengan menggunakan SPSS versi 20 diperoleh  signifikan 0,000 dengan α = 0,05. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.(3) Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran (Quantum Learning, PembelajaranLangsung) dan motivasi belajar siswa (Tinggi, Rendah) dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan ANAVA dua jalur Motivasi*Model dengan signifikan 0,00 dengan α = 0,05. Maka dapat dilihat bahwa signifikan 0,00 < 0,05. Sehingga terdapat interaksi antara model pembelajaran (Quantum Learning, Pembelajaran Langsung), dan motivasi belajar siswa (tinggi, rendah) dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Bobbi De Porter & Mike Hernacki, 2011. Quantum Learning. PT Mirzan Pustaka
Astutik 2017, Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan, BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 2 Nomor 2, Mei 2017
Rismaratri D. & Nuryadi, 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Quantum DenganPendekatan RealisticMathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Motivasi Belajar Matematika, Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5 (2), September 2017- 71
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12.
Dyah Puspitasari Ningthias, Jeckson Siahaan, Agus Abhi Purwoko, Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xi IpaSman 2 Mataram, J. Pijar MIPA, Vol. 13 No. 2, September 2018: 100 – 105
Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
Rosmaini, S., & Wulandari, Y. (2012). Penerapan Teknik Mind Mapping Dalam Strategi Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA2 SMA Nurul Falah Pekanbaru TA. 2009/2010. Biogenesis(Jurnal Pendidikan Sains DanBiologi
Fujiati I. & Z. Mastur.(2014). Keefektifan Model POGIL Berbantuan Alat PeragaBerbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Komonikasi Matematis.Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3): 175-180
Torres-Velasquez, D., & Lobo, G. (2004). Culturally responsive mathematics teaching and English language learners. Teaching Children Mathematics, 11, 249-255.
Palomar, J. D., Simic, K., & Varley, M. (2007). “Math is everywhere”: Connecting mathematics to students’ lives. Journal of Mathematics and Culture, 2(1), pp. 20-36. Diunduh pada http://nasgem.rpi.edu/pl/journalmathematics-culture-volume-1-number-2
Achor, E. E., Imoko, B. I., & Uloko, E. S. (2009). Effect of ethnomathematics teaching approach on senior secondary student’s achievement and retention in locus. Educational Research and Review, Vol. 4(8), pp. 385-390.
Sugiyono,2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.