PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM BERBASIS BUDAYA MANDAILING NATAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Main Article Content
Abstract
Quantum Learning adalah model pembelajaran yang menciptakan lingkungan belajar yang efektif, dengan cara menggunakan unsur yang ada pada siswa dan lingkungan belajarnya melalui interaksi yang terjadi dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Quantum Learning berbasis Budaya mandailing Natal terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 127 Pagur Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal. Populasi penelitian berjumlah 52 siswa sebagai sampel yang ditentukan melalui teknik random sampling, Penelitian ini merupakan quasi ekperimen, Data dikumpulkan dengan kuesioner motivasi dan tes hasil belajar matematika, kemudian dianalisis dengan anava. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan Hasil Belajar siswa yang dibelajarkan dengan Model Quantum Learning berbasis budaya Mandailing Natal dengan anak melalui Pembelajaran Langsung. Hasil belajar menggunakan Model Quantum Learning berbasis budaya Mandailing Natal lebih tinggi dibandingkan menggunakan Model Pembelajaran Langsung. Hal ini dapat diihat berdasarkan perhitungan anava dengan menggunakan SPSS versi 20 diperoleh signifikan 0,000 dengan α = 0,05. Maka dapat dilihat bahwa signifikan 0,000 < 0,05. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara Kemampuan Komunikasi Matematis yang dibelajarkan dengan Model Quantum Learning berbasis Budaya Mandailing Natal, dengan anak melalui Model Pembelajaran Langsung.(2) Terdapat perbedaan Hasil belajar siswa yang memiliki Motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki Motivasi belajar rendah. Hal ini dapat dilihat rata-rata motivasi yang diperoleh siswa dengan Model Quantum Learning berbasis budaya Mandailing Natal. Hal ini dapat dilihat berdasarkan perhitungan anava dengan menggunakan SPSS versi 20 diperoleh signifikan 0,000 dengan α = 0,05. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.(3) Terdapat interaksi antara Model Pembelajaran (Quantum Learning, PembelajaranLangsung) dan motivasi belajar siswa (Tinggi, Rendah) dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan ANAVA dua jalur Motivasi*Model dengan signifikan 0,00 dengan α = 0,05. Maka dapat dilihat bahwa signifikan 0,00 < 0,05. Sehingga terdapat interaksi antara model pembelajaran (Quantum Learning, Pembelajaran Langsung), dan motivasi belajar siswa (tinggi, rendah) dalam mempengaruhi hasil belajar siswa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution 4.0 International License
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JPPT's spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, EJPRM permits users to copy, distribute, display, and perform the work. Users will also need to attribute authors and JPPT to distributing works in the journal and other media of publications.
4. Rights of Authors
Authors retain all their rights to the published works, such as (but not limited to) the following rights;
- Copyright and other proprietary rights relating to the article, such as patent rights,
- The right to use the substance of the article in own future works, including lectures and books,
- The right to reproduce the article for own purposes,
- The right to self-archive the article,
- The right to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the article's published version (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
5. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JPPT will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JPPT will only communicate with the corresponding author.
6. Royalties
Being an open accessed journal and disseminating articles for free under the Creative Commons license term mentioned, author(s) aware that JPPT entitles the author(s) to no royalties or other fees.
7. Miscellaneous
JPPT will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JPPT's editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
References
Astutik 2017, Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan, BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Volume 2 Nomor 2, Mei 2017
Rismaratri D. & Nuryadi, 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Quantum DenganPendekatan RealisticMathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif dan Motivasi Belajar Matematika, Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5 (2), September 2017- 71
Dewita, A., Mujib, A., & Siregar, H. (2019). Studi Etnomatematika tentang Bagas Godang sebagai Unsur Budaya Mandailing di Sumatera Utara. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1-12.
Dyah Puspitasari Ningthias, Jeckson Siahaan, Agus Abhi Purwoko, Pengaruh Model Quantum Learning Menggunakan Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xi IpaSman 2 Mataram, J. Pijar MIPA, Vol. 13 No. 2, September 2018: 100 – 105
Lubis, S. I., Mujib, A., & Siregar, H. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Gordang Sambilan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 1-10.
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
Rosmaini, S., & Wulandari, Y. (2012). Penerapan Teknik Mind Mapping Dalam Strategi Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA2 SMA Nurul Falah Pekanbaru TA. 2009/2010. Biogenesis(Jurnal Pendidikan Sains DanBiologi
Fujiati I. & Z. Mastur.(2014). Keefektifan Model POGIL Berbantuan Alat PeragaBerbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Komonikasi Matematis.Unnes Journal of Mathematics Education, 3(3): 175-180
Torres-Velasquez, D., & Lobo, G. (2004). Culturally responsive mathematics teaching and English language learners. Teaching Children Mathematics, 11, 249-255.
Palomar, J. D., Simic, K., & Varley, M. (2007). “Math is everywhere”: Connecting mathematics to students’ lives. Journal of Mathematics and Culture, 2(1), pp. 20-36. Diunduh pada http://nasgem.rpi.edu/pl/journalmathematics-culture-volume-1-number-2
Achor, E. E., Imoko, B. I., & Uloko, E. S. (2009). Effect of ethnomathematics teaching approach on senior secondary student’s achievement and retention in locus. Educational Research and Review, Vol. 4(8), pp. 385-390.
Sugiyono,2011. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.