PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP SIKAP ILMIAH BIOLOGI SISWA PADA MATERI EKOLOGI

Main Article Content

Haryati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa di kelas X SMA Negeri 1 Kuala. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling. Kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning, kelas X-4 dibelajarkan dengan model Guided Discovery, dan kelas X-1 (kontrol) dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes sikap ilmiah siswa berupa angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (Anacova) pada taraf signifikan α = 0,05 dengan bantuan SPSS 22,0. Hasil penelitian menunjukkan: Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap sikap ilmiah siswa (F= 6,299; P= 0,014). Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran  Problem Based Learning (83,26 ± 3,2) signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan model Guided Discovery (82,97 ± 2,6); maupun model konvensional (80,82 ± 2,4). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi ekologi dalam upaya meningkatkan sikap ilmiah biologi siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Astika, I. K. U., Suma, I. K & Suastra, I. W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 21(3): 13-21.
Batdi, V. (2014). The Effect of A Problem Based Learning Approach on Student’s Attitude Levels: A Meta-Analysis. Academic Journal Educational Research and Reviews: Vol 9 (9) ISSN 1990-3839.
Fernandianto. (2013). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah pada Pembelajaran Fisika. Skripsi. Lampung: Universitas Lampung.
Melani, R., Harlita., & Sugiharto, B. (2012). Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi 4(1): 97-105.
Mujib, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembuktian Matematis: Problem Matematika Diskrit. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(1), 51-57.
Mujib, A. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Menggunakan CRI pada Mata Kuliah Kalkulus II. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 181-192.
OECD (2015). Reviews of National Policies for Education: Education in Indonesia-Rising to the Chalenge. Pdf.
Peterson, M. (1997). Skilis to Enhance Problem Based Learning. Med educ online.
Kolmos, A., Kuru, S., Hensen., H., Eskil, T, L., Fink, F., Grauff, D. E., Wolff. V. J., Soylu, A. (2007). Problem Based Learning. TREE.
PISA. (2015). PISA Results Execitive Summary OECD (http//dx.doi.org/10.1787/42).
Putri, F. M. (2013). Pengaruh Penerapan Kombinasi Metode Inkuiri dan Pengajaran Timbal Balik terhadap Capaian Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Dinamika Partikel. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rezak, C.J. (2006). Improving Corporate Training Results with Discovery Learning Methodolog. Florida: p. 11.
Rustaman. (2009). Keterampilan Proses Sains. Bogor: Ghalia Indonesia.
Widiadnyana, I W., Sadia, I. W., & Suastra, I, W. (2014). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha vol: 4.