https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/issue/feedJURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA2024-12-11T06:20:41+00:00Open Journal Systems<p style="text-align: justify;">Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA) merupakan jurnal ilmiah peer-review yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang memuat publikasi hasil penelitian maupun kajian literatur di bidang Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi. JP2MIPA diterbitkan pada bulan Juli dan Januari. e-ISSN 2502-9614 p-ISSN 2502-9606. </p> <p style="text-align: justify;">Editor's Address: Abdul Rahman Syihab Campus, Jl. Garu II No. 52 Medan 20417<br>email: <a href="mailto:jp2mipa@umnaw.ac.id">jp2mipa@gmail.com</a> <br>website: <a href="https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/issue/archive">https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA</a></p>https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/3368Mengurangi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Gerak Lurus Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Konstruktivisme2024-08-16T03:26:41+00:00Shinta Marito Siregar shintasiregar.fis01@gmail.comHidayat Hidayathidayat@umnaw.ac.idKhairiah Khairiahkhairiah.umnaw@gmail.comRita Destiniritadestini@umnaw.ac.id<p><em>Belajar menurut konstruktivisme merupakan suatu perubahan konseptual berupa pengkonstrukstian ide-ide baru atau merekontruksi ide-ide yang sudah ada, agar siswa sadar mengenai konsepsi yang dimilikinya dan dikembangkan ke arah konsep yang sebenarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme untuk mengetahuai apakah model pembelajaran konstruktivisme dapat mengurangi miskonsepsi siswa pada materi pokok gerak lurus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk eksperimen. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII<sup>B</sup> dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari 16 soal yang sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan. Sebelum pembelajaran dilakukan, penguasaan siswa mengenai materi gerak lurus masih tergolong rendah. Pada pretes diperoleh nilai rata-rata pada nilai PPN konsep 53,02% , PPN rumus 35%, dan pada PPN aplikasi 62,5% berada di bawah 65% dan diperkirakan sebagai letak kelemahan/kesulitan siswa. Dari hasil penelitian, maka dapat diperoleh nilai yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model konstruktivisme diperoleh persentase jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi sebesar nilai PPN konsep 83,8% , PPN rumus 66,6%, dan pada PPN aplikasi 75% berada di atas 65% siswa yang dapat menjawab soal dengan baik.</em></p>2024-08-16T03:26:02+00:00Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPAhttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/3367Pembelajaran Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berhitung pada Anak2024-08-16T03:36:04+00:00Dewi Fitriadewifitria@umnaw.ac.idJuli Yanti Harahapjuliyanti@umnaw.ac.id<p>Pendekatan saintifik dijabarkan dalam tahapan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar dan meningkatkan kemampuan berpikir berhitung anak. Pada pendekatan saintifik, siswa dapat dilatih untuk meningkatkan kemampuan berpikir dengan cara guru memberi pertanyaan-pertanyaan menarik dan menantang yang melatih siswa untuk berpikir secara aktif dan kreatif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran pendekatan saintifik terhadap kemampuan berhitung pada anak. Kemampuan berhitung anak sangatlah penting untuk distimulasi, karena kemampuan berhitung dapat menjadikan pengalaman baru dalam kehidupan sehari-hari anak. Kemampuan berhitung merupakan kemampuan yang mencakup bilangan, angka, memanipulasi jumlah seperti penjumlahan dan pengurangan. Kemampuan berhitung berkembang dari waktu kewaktu ketika anak terlibat dengan kegiatan yang mendorong mereka untuk berpikir, mengeksplorasi, dan mendiskusikan ide-ide. Kemampuan berhitung pada anak usia dini hendaknya dimulai menghitung dengan benda, selanjutnya dapat dikembangkan mulai dari perhitungan hafalan, melafalkan urutan angka, mencocokan bilangan dengan angka, dan operasi bilangan sederhana</p>2024-08-16T03:36:04+00:00Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPAhttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/3353Pengembangan Media Maze Matching Board Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Siswa Kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam2024-08-16T03:45:43+00:00Tarisah Sandrinatarisahsandrina92@gmail.cinHidayathidayat@umnaw.ac.id<p>Pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tujuan pendidikan dapat tercapai apabila proses pembelajaran berhasil dilaksanakan. guru diharapakan mampu menciptakan proses pembelajaran yang menarik, menyenangkan, inovatif dan kretif agar peserta didik menjadi semangat dalam proses pembelajaran. Namun hasil dari observasi awal yang saya lakukan di SDN 104241 Lubuk Pakam peneliti menemukan permasalahan pada proses pembelajaran di kelas IV SD temuan pada observasi diketahui bahwa penggunaan Media pembelajaran pada proses pembelajaran di kelas IV SD belum maksimal, Proses pembelajaran berpusat pada guru sehingga siswa tidak secara akif terlibat dalam proses pembelajaran di kelas. Hal ini berdampak pada rendahnya tingkat kreativitas siswa dalam belajar. Dari temuan observasi peneliti berasumsi dibutuhkan adanya inovasi baru yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran, dengan menentukan media pembelajaran Maze Matching Board. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan kelayakan Media Pembelajaran Maze Matching Board pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahan Alam dan Sosial (IPAS) untuk meningkatkan Kreativitas siswa Kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam. Metode penelitian ini menggunakan reasearch and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE Data tingkat kelayakan media Maze Matching Board dapat diukur dari tingkat penguasaan peserta didik terhadap materi yang diajarkan dengan hasil diketahui bahwa presentase hasil tes kreativitas siswa melalui tes formatif dan sumatif Siswa kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam berjumlah 27 siswa. Dari 5 pertanyaan yang terdapat pada angket telaah tingkat kreativitas siswa diterapkan media maze matching board memperoleh skor sebesar 78% dengan kategori “kreatif”. Hasil keseluruhan penilaian yang didapatkan dari angket telaah yaitu sebesar 86,85%. Dari skor tersebut dapat dikatakan bahwa media maze matching board untuk meningkatkan kreativitas siswa yang dikembangkan sudah “sangat layak” digunakan pada proses pembelajaran pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas IV SDN 104241 Lubuk Pakam.</p> <p> </p> <p>Kata Kunci: Pendidikan, Media Pembelajaran, Maze Matching Board</p>2024-08-16T03:45:43+00:00Copyright (c) https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/3385LKPD Berbasis Pembelajaran Saintirik pada Pembelajaran Tematik tema Kayanya Negeriku dI Kelas IV SD2024-08-19T05:49:38+00:00Ariska Putri Fadhlinaariskaputrifadhlina@umnaw.ac.idSukmawarti Sukmawartisukmawarti@umnaw.ac.id<p><em>This study aims to develop scientifically based LKPD on thematic learning of the theme of </em><em>Kayanya Negeriku</em><em> which is suitable for use in the learning process in class IV SD. In this study the researchers used a Research and Development (R&D) research design. Research and development is carried out using the 4D development model developed by Thiagarajan, namely (1) Define, (2) Design, (3) Development, and (4) Dissemination. However, in this study the 4D stage was carried out only up to stage 3, namely Development. The subjects in this study were LKPD reviewers and material reviewers. The object in this study is the Scientific Based Worksheet on Thematic Learning on the Kayanya Negeriku Theme which is suitable for use in the thematic learning process in class IV. The instruments and data collection techniques used in this study were questionnaires. The questionnaire used in this study was in the form of a validation questionnaire given to LKPD expert validators and material experts. The validation results from LKPD experts obtained a score of 81.4 and from the validation of material experts obtained a score of 83.6. From this score it can be said that the scientific-based LKPD on thematic learning theme 9 "My Rich Country" which was developed "Very Feasible" for use in the learning process.</em></p>2024-08-19T05:49:38+00:00Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPAhttps://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/3856Sistem Numerasi Mesir Kuno2024-12-11T06:20:41+00:00Philips Pasca G Siagianphilipspasca27@unimed.ac.idJanuari Partogi Sitorusjanuaripartogi@gmail.comRahmi Radita Nasutionrahmiditanasution@gmail.comRirin Tri Angrainitriangrainiririn@gmail.comRukiyah Br Ramberukiyahbrrambe.03@gmail.comNuraifah Siagiannuraifahsiagian20@gmail.com<p>This research discusses the history of the development of numbers in Ancient Egypt and examines its implications for mathematics learning. Through literature studies and analysis of mathematical artifacts from Ancient Egypt, this research explains how the Ancient Egyptian number system was developed, how the system was used in everyday life, and how the history of mathematics can be used to increase student motivation and understanding. Apart from that, this research also evaluates the extent to which prospective teachers understand the history of the development of numbers in Ancient Egypt. It is hoped that the results of this research can contribute to the development of a more relevant and interesting mathematics curriculum. This research uses qualitative methods with data collection techniques using library research. Library research is a technique of collecting information and data from various sources such as documents, books, magazines and historical records. Literature study involves the use of book references or previous research results which are used as a theoretical basis for analyzing research problems</p>2024-12-11T06:07:33+00:00Copyright (c) 2024 JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MIPA