PENINGKATAN DAYA SERAP SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN TEORI BELAJAR BERMAKNA DAVID AUSUBEL
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh teori belajar ausubel pada
pendidikan matematika, mengetahui tingkat daya serap siswa terhadap pendidikan matematika dan
mengetahui pengaruh teori belajar ausubel dengan tingkat daya serap siswa pada pokok bahasan
pecahan. Populasi pada penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SD Negeri 1 Sigli Tahun
Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari beberapa kelas, sedangkan yang menjadi sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas IV-A yang dijadikan sebagai kelompok kelas eksperimen (Teori
Ausubel)yang terdiri dari 30 orang murid dan kelas IV-B dijadikan sebagai kelompok kelas
kelompok kontrol (Teori Pembelajaran Konvensional)yang terdiri dari 28 orang murid. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil ujian siswa yang menggunakan teori belajar
Ausubel adalah sebesar 74,70. Nilai rata-rata kemampuan siswa yang menggunakan teori belajar
konvensional adalah sebesar 69,43. Daya serap siswa dengan penerapan teori belajar Ausubel
lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Teori belajar ausubel mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap daya serap siswa pada pembelajaran Pecahan di SD Negeri 1
Sigli Tahun Pelajaran 2014/2015.