PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP

Main Article Content

Mukhlish Novandi, Firmansyah

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis sampai saat ini masih menjadi salah satu tujuan
utama pada kurikulum pendidikan matematika di berbagai negara, termasuk di dalam kurikulum
pendidikan 2013 yang sedang diberlakukan di Indonesia. Untuk mencapai hal itu, siswa
seharusnya difasilitasi dengan seperangkat bahan ajar yang mendukung pengembangan
kemampuan tersebut. Salah satu komponen utama dalam kemampuan pemecahan masalah adalah
kemampuan penalaran dan koneksi yang harus terlebih dahulu dimiliki siswa. Pada beberapa hasil
penelitian menemukan bahwa kemampuan penalaran terkait dengan aktivitas berfikir yang jika
dikombinasikan dengan kemampuan koneksi matematis dapat menjadikan siswa mahir dalam
memecahkan masalah yang dihadapi di kelas maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini,
peneliti akan mengembangkan suatu bahan ajar yang memfasilitasi atau melatih kemampuan
tersebut. Pengembangan bahan ajar yang peneliti lakukan dengan menggunakan model 4-D, yaitu
(1)tahap pendefinisian; (2)tahap perancangan; (3)tahap pengembangan; dan (4)tahap
pendiseminasian. Dari tahap pengembangan tersebut dihasilkan suatu bahan ajar berbasis
masalah yang diharapkan dapat digunakan oleh guru secara rutin untuk melatihkan siswa tentang
pemecahan masalah matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles