PENINGKATAN AKTIVITAS AKTIF DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL

Main Article Content

Jafri Haryadi
Uswatun Hasanah

Abstract

Pendidikan merupakan upaya sadar yang dilakukan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasinya sehingga dapat mengubah perilaku seseorang menjadi lebih baik. Tindakan yang dilaksanakan pada prinsipnya merupakan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan pendidikan. Penelitian ini ditujukan untuk mencari solusi atas permasalahan aktivitas aktif dan hasil belajar siswa yang rendah dengan mengimplementasikan model Quantum Teaching berbantuan media audio-visual. Penelitian ini termasuk dalam model penelitian tindakan kelas, dengan sampel siswa SMA Negeri 1 Sunggal Kelas X yang berjumlah 34 orang. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang diberikan, diketahui bahwa setelah melakukan perbaikan terhadap perencanaan yang telah dilakukan sebelumnya (siklus I), maka aktivitas siswa mengalami peningkatan demikian pula dengan persentase ketuntasan belajar siswa. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I berada pada angka 66,775%, meningkat menjadi 80,656% pada silkus II sedangkan ketuntasan belajar siswa pada siklus I dari 50% meningkat menjadi 91,18% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles